SHARE NOW

PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat dan Bumdes Tunas Mekar Raih 10 Bumdes Terbaik se Sumut

MEDAN | TVNYABURUH.COM – Badan Usaha Milik Desa Tunas Mekar (BUMDesa) Desa Afdeling II Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, berhasil raih penghargaan 10 besar Bumdes terbaik se-Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kinerja tahun 2023 dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumut.

 

BUMDes Tunas Mekar Desa yang berada di atas HGU PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat telah menjalin kerja sama sewa lahan dengan PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat seluas 3.133 meter persegi, pada awal Tahun 2021 mengelola satu unit usaha Pertashop PT Pertamina dengan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) Jenis Pertamax-92.

 

Regen Erasi Sitindaon, selaku Asisten Personalia Kebun PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat saat dimintai keterangan, menjelaskan,”Kerja sama antara PTPN IV Regional-I dengan BUMDesa Tunas Mekar adalah dalam bentuk sewa lahan, yang dilaksanakan dengan mempedomani ketentuan peraturan perundang-undangan dan Stabdar Operasional Prosedur (SOP) Perusahaan.

“PTPN IV Regional-I

 

Kerja sama sewa lahan yang kami lakukan dengan pihak BUMDes Tunas Mekar sejalan dengan Instruksi Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan terkait optimalisasi aset-aset BUMN. Untuk sekarang sedang berjalan proses adendum perjanjian sewanya, karena ada permohonan dari Bumdes untuk penambahan luasan yang awalnya 1.133 menjadi 3.133 meter persegi,” kata Regen Erasi, saat dikonfirmasi Selasa (30/01)

 

Atas capaian prestasi BUMDesa ini management PTPN IV Regional-I,khususnya Kebun Rantauprapat sangat mengapresiasi dan mendukung penuh Bumdes Tunas Mekar. ” 

 

Bumdes Tunas Mekar sejak awal berdiri sampai sekarang terus melalukan inovasi dan perbaikan untuk meningkatkan kinerja dan revenue guna mencapai tujuan yaitu menjadikan Desa Afdeling II sebagai Desa Mandiri.

Berawal dari Bisnis Pertashop, sekarang Bumdes Tunas Mekar berhasil mendirikan warkop dan food court dengan lokasi yang berada tepat di tepi Jalan Lintas Timur Sumatera. Bumdes Tunas Mekar telah menjelma menjadi salah satu rest area favorit bagi pengendara yang melintasi jalan lintas timur Sumatera, ” 

Tambah Regen Erasi.

 

Terpisah, Siswanto Bangun yang akrab disebut Anto Bangun dalam Kapasitasnya sebagai Direktur BUMDesa Tunas Mekar,saat dikonfirmasi, menjelaskan” Capaian prestasi 10 besar BUMDesa terbaik se Provinsi Sumatera Utara ini, bukanlah akhir dari sebuah perjuangan, tetapi merupakan awal untuk meraih prestasi terbaik berskala nasional, capaian 10 besar terbaik ini sebagai motivasi bagi kami untuk terus berbenah.

 

Keberhasilan yang kami raih ini bukan dikarenakan kehebatan Saya sebagai Direktur, tetapi semuanya bisa dicapai karena solidnya Team Work, dukungan dari semua stakeholder baik dari korporasi, PTPN IV Regional-I, PTPN IV Regional-II, PT Asian Agri Group, PT Wilmar Group, PT Socfin Indonesia, pribadi-pribadi, serta para pengunjung yang datang berbelanja BBM dan makanan serta minuman” Beber Anto Bangun.

 

Terkait Rencana kedepannya, Anto Bangun yang juga sebagai Sekretaris KC.FSPMI Labuhanbatu ini memaparkan” Saat ini ada dua rencana jangka panjang yang sedang kami persiapkan yang pertama adalah melengkapi seluruh dokumen sebagai syarat BUMDesa bisa menjadi mitra kerja / rekanan dibeberapa perusahaan swasta dan BUMN, kapasitas BUMDesa Tunas Mekar sama dengan Badan Hukum lainnya dan telah memiliki sertifikat badan hukum dari Kementeria Hukum dan Ham bernomor:AHU-01736.AH.01.33.Tahun 2022.

 

Yang kedua merealisasikan pembangunan pasar rakyat, yang lokasinya bersebelahan dengan Warkop & Kuliner, saat ini sedang proses adendum penambahan sewa lahan dengan PTPN IV Regional-I.

 

Perkiraan biaya untuk pembangunan pasar rakyat ini kurang lebih sebesar Rp 2 Miliyar, dan harapan kami semoga Pemerintah Sumatera Utara dan Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mau membantu sepenuhnya.”Pungkas Anto Bangun (Afriansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER