SHARE NOW

Tuntut Upah Naik 15%, Puluhan Buruh Lanjutkan Longmarch Bandung-Jakarta

PURWAKARTA | Puluhan orang dari perwakilan sejumlah serikat buruh melanjutkan aksi longmarch Bandung-Jakarta. Di hari ke tiga ini, mereka memulai langkah perjuangan di markas serikat FSPMI di wilayah Bungursari, Purwakarta.

Mereka tiba di kabupaten Purwakarta pada Kamis (03/08) sore, setelah melakukan perjalanan dari wilayah Kabupaten Bandung Barat. Para buruh bermalam di markas FSPMI dan pada Jumat (4/8) ini, mereka memulai aksinya pada pukul 08.00 WIB.

“Hari ini kita melanjutkan longmarch buruh, hari ke tiga hari ini dari Purwakarta ke Karawang, kemarin dari Gedung Sate lanjut sampai Purwakarta dan hari ini ke Karawang,” ujar Wahyu, Koordinasi aksi wilayah Purwakarta ditemui detikJabar sebelum memulai aksinya, Jumat (04/08/2023).

Wahyu menyebutkan, puluhan buruh ini akan menuju wilayah Karawang dan bermalam di sana. Kemudian pada Sabtu (05/08), akan melanjutkan perjalanannya ke wilayah Bekasi. Rencananya buruh akan tiba di Jakarta pada tanggal 9 Agustus 2023.

Aksi puluhan buruh ini dilakukan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat pada umumnya dan kaum buruh. Ada lima tuntutan utama yang akan diperjuangkan kaum buruh dan mereka akan terus berjuang demi tercapainya tuntutannya.

“Ada lima poin yang kita perjuangkan untuk masyarakat pada umumnya pertama tolak omnibus law, kedua tentang undang-undang kesehatan di sana ada yang dihilangkan, dimana seharusnya BPJS kurang uang, maka negara yang bayar tapi sekarang jadi sharing, kalo Rp 100 juta habis Rp 70 juta di bayar BPJS Rp 30 jutanya bisa kita-kita yang bayar,” katanya.

“Ke tiga, buruh menuntut kenaikan upah sebesar 15 persen pada pengupahan dan tahun 2024, ke empat terkait syarat pencalonan presiden dan ke lima jaminan sosial semesta sepanjang hayat,” bebernya.

Rencananya buruh akan menggelar aksi besar-besaran di Gedung Istana dan MK. Mereka akan bergabung dengan ribuan buruh lainnya dan mengancam bermalam di sana sampai tuntutannya ditindaklanjuti oleh pemerintah.

#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER