SHARE NOW

Begini Cara Menggoreng Tahu Sutra agar Tidak Hancur Lebur Di Wajan

 

Begini Cara Menggoreng Tahu Sutra agar Tidak Hancur Lebur Di Wajan.

 

 

 

 

 

TVNYABURUH.COM |  sutra adalah salah satu jenis tahu yang sangat lembut dan halus. Karena teksturnya yang lunak, menggoreng tahu sutra tanpa membuatnya hancur bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan beberapa tips dan trik yang tepat, kamu dapat menggoreng tahu sutra dengan hasil yang sempurna: renyah di luar, lembut di dalam, dan tidak hancur.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggoreng tahu sutra agar tidak hancur. Simak selengkapnya di bawah ini?.

1. Pastikan Minyak Goreng Betul-Betul Panas

Langkah pertama yang sangat penting adalah memastikan bahwa minyak goreng sudah betul-betul panas sebelum memasukkan tahu sutra. Minyak yang panas akan membantu tahu sutra membentuk lapisan luar yang renyah dengan cepat, sehingga membantu menjaga bentuknya dan mencegahnya hancur.

Untuk mengetahui apakah minyak sudah cukup panas, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

Gunakan Termometer: Idealnya, suhu minyak goreng berada di kisaran 170-180 derajat Celsius. Dengan termometer, kamu bisa memantau suhu minyak dengan tepat.

Tes dengan Sumpit Kayu atau Sendok Kayu: Celupkan sumpit atau sendok kayu ke dalam minyak. Jika muncul gelembung-gelembung kecil di sekitar sumpit atau sendok, itu tkamu bahwa minyak sudah cukup panas.

Tes dengan Sedikit Adonan: kamu bisa mencoba memasukkan sedikit adonan tahu atau potongan kecil tahu ke dalam minyak. Jika adonan atau potongan tahu tersebut langsung mengapung dan berbuih, berarti minyak sudah siap digunakan.

2. Masukkan Tahu ke Dalam Minyak, Lalu Tutup Penggorengan

Setelah memastikan minyak goreng sudah cukup panas, langkah berikutnya adalah memasukkan tahu sutra ke dalam minyak. Lakukan dengan hati-hati agar tahu tidak pecah saat dimasukkan. Setelah tahu dimasukkan, segera tutup penggorengan. Menutup penggorengan memiliki beberapa manfaat:

Mengurangi Cipratan Minyak: Tahu sutra mengandung banyak air. Ketika tahu sutra yang basah bertemu dengan minyak panas, akan terjadi reaksi yang menghasilkan cipratan minyak. Menutup penggorengan membantu mencegah cipratan minyak keluar dan melukai kamu.

Menjaga Suhu Minyak: Menutup penggorengan juga membantu menjaga suhu minyak tetap stabil. Hal ini penting agar tahu bisa matang dengan sempurna dan merata.

3. Tunggu Sampai Tahu Berwarna Kekuningan, Baru Dibalik

Salah satu kunci agar tahu sutra tidak hancur saat digoreng adalah dengan tidak terlalu sering membaliknya. Biarkan tahu digoreng sampai satu sisi berwarna kekuningan dan mulai terlihat renyah sebelum membaliknya. Ini akan memakan waktu sekitar 3-5 menit tergantung pada ukuran tahu dan suhu minyak.

Berikut beberapa tips saat menunggu tahu berwarna kekuningan:

Gunakan Api Sedang: Jangan gunakan api yang terlalu besar, karena tahu bisa cepat gosong di luar tetapi masih mentah di dalam. Api sedang membantu tahu matang merata.

Pantau dengan Sabar: Sabar adalah kunci. Jangan terlalu sering memeriksa tahu atau mengganggunya. Biarkan proses penggorengan berjalan dengan alami.

4. Cukup Sekali Balik Hingga Matang Merata

Setelah satu sisi tahu berwarna kekuningan dan terlihat renyah, saatnya membalik tahu. Lakukan dengan hati-hati menggunakan spatula atau penjepit makanan agar tahu tidak hancur. Cukup sekali balik saja sudah cukup untuk memastikan tahu matang merata di kedua sisinya.

Berikut beberapa tips saat membalik tahu:

Gunakan Spatula yang Lebar: Spatula yang lebar membantu mengangkat tahu dengan lebih stabil dan mengurangi risiko tahu hancur.

Balik dengan Lembut: Jangan tergesa-gesa atau kasar saat membalik tahu. Lakukan dengan gerakan yang lembut namun pasti.

Pastikan Minyak Tetap Panas: Pastikan suhu minyak tetap panas setelah membalik tahu agar sisi yang kedua juga matang dengan baik.

 

 

Editor: Ahmad Jais

Sumber: Fimale

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER