SHARE NOW

Sumatera Utara Bakal Dipecah, 3 Provinsi Baru Mengisi Wilayah ini, Ada Toba Samosir, Padang Sidempuan, dan Gunung Sitoli

Sumatera Utara Bakal Dipecah, 3 Provinsi Baru Mengisi Wilayah ini, Ada Toba Samosir, Padang Sidempuan, dan Gunung Sitoli

 

 

 

 

 

 

TVNYABURUH.COM | Belum lama ini, ada wacana yang mengatakan jika akan ada pemekaran 3 provinsi baru di Sumatera Utara.

Pemekaran 3 provinsi baru di Sumatera Utara ini tentunya akan menambah kabupaten-kabupaten baru yang ada di Indonesia.

Walau 3 pemekaran provinsi baru yang ada di Sumatera Utara ini masih menjadi usulan, namun jika terjadi pemekaran, ketiga provinsi ini siap bergabung.

Berikut ini adalah 3 provinsi baru yang rencananya akan dimekarkan di Sumatera Utara.

1. Provinsi Tapanuli :

Setidaknya setelah pemekaran terjadi di Provinsi Tapanuli, akan ada 6 kabupaten kota yang akan bergabung. Di antaranya yaitu, Kabupaten Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Toba, Samosir, dan Sibolga.

2. Provinsi Sumatera Tenggara :

Pemekaran 3 provinsi baru selanjutnya adalah Provinsi Sumatera Tenggara. Nantinya terdapat 5 kabupaten kota yang akan bergabung.

Berikut adalah 5 kabupaten kota yang akan bergabung dengan Sumatera Tenggara, yakni Kabupaten Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, dan Kota Padang Sidempuan.

3. Provinsi Kepulauan Nias :

Provinsi baru selanjutnya di Sumatera Utara yang akan alami pemekaran adalah Kepulauan Nias. Nantinya terdapat 5 kabupaten kota yang akan bergabung.

Adapun 5 kabupaten kota tersebut yaitu, Kabupaten Nias, Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan dan Kabupaten Gunung Sitoli.

Jika pemekaran terjadi, maka provinsi induknya yaitu Sumatera Utara nantinya akan tersisa 17 kabupaten kota saja.

Itulah wacana pemekaran 3 provinsi baru di Sumatera Utara.

 

Editor: Jais
Sumber: Ayobandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER