SHARE NOW

Mts Nurul Ikhwan Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw 2024 di Lapangan Masjid, dan Dihadiri Penceramah dari Suku Tionghoa Tanjung Morawa

Mts Nurul Ikhwan Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw 2024 di Lapangan Masjid, dan Dihadiri Penceramah dari Suku Tionghoa Tanjung Morawa.

 

 

DELI SERDANG | Sekira 350 orang Siswa Madrasah Tsanawiyah memperingati Is’ra Mi’raj Nabi Muhammad saw 27 Rajab 1445 Hijriah atau bertepatan di hari selasa 5 Maret 2024 sekaligus menyambut Bulan Suci Ramadhan di Yayasan Nurul Ikhwan Tanjung Morawa, dilaksanakan di halaman sekolah di jalan Dahlan Tanjung Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa siswi, dan dewan guru MTs Nurul Ikhwan Tanjung Morawa. Peringatan isra’ Mi’raj ini bertujuan memberikan pemahaman perjalanan Nabi kepada siswa tentang hikma dari isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari isra’ mi’raj itu sendiri adalah untuk memperlihatkan sebagian bukti atau tanda kekuasaan dan kebesaran Allah subhanahu wa Ta’ala serta untuk menguji keimanan manusia.

Peristiwa Isra Mi`raj merupakan kisah dahsyat perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke langit tujuh Sidratul Muntaha dalam semalam. Peristiwa yang terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun kedelapan kenabian ini tertulis dalam Al-Quran.

Isra Miraj merupakan peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW. Dalam Isra` Mi`raj, Nabi Muhammad SAW dibawa dari Masjid Haram di Makkah menuju Masjid Aqsa di Yerusalem, Palestina. Nabi diangkat dari Masjid Aqsa yang ada di bumi, lalu ke langit ketujuh lalu ke Sidratul Muntaha. Dan acara ini merupakan acara dimana perintah salat 5 waktu yang wajib kita laksanakan sebagai umat islam.

Kegiatan ini di awali membaca kitab suci Al Qur’an dan di isi dengan bersholawat oleh Siswi kelas 7, 8 dan 9, serta berpidato dengan berbahasa Indonesia di translate ke bahasa Inggris. Selanjutnya siswa siswi tersebut menampilkan kisah Palestina betapa pahitnya untuk mempertahankan, memperjuangkan masjidil Aqsha yang diperankan siswa kelas 7 dan 9, yang penuh dengan dramatis.

Sebagai penceramah di kegiatan Isra’ Mi’raj ini di isi oleh Ketua Mualaf Centre dari suku Tionghoa Tanjung Morawa Ustad Liu Fhuk Thien atau dengan nama panggilan Ustad Andi Baso Ariaji, S.E, dan juga sebagai anggota dewan terpilih DPRD di Kabupaten Deli Serdang, dan kegiatan ini juga di hadiri, Ketua Yayasan Nur Amaliyah, SKM, MKM, Koordinator Pendidikan Nur Amirah, S.M, Kepala Madrasah Tsanawiyah Ustad Syahdan, S.Pd.I, Pengawas Mts NI Ustad Junaidi Barus, S.Ag, Mpd.

Mewakili ketua Yayasan Nur Amaliyah, SKM, MKM, Ustad Syahdan, S.Pd.I sebagai Kepala Madrasah Mts menyampaikan dan berpesan “Alhamdulillah, kegiatan isra mi’raj sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan hari ini berjalan dengan lancar, berjalan dengan mudah sesuai dengan visi dan misi kami, dan Alhamdulillah kegiatan Isra’ Mi’ra pada tahun ini kita adakan di lapangan halaman masjid, dan pada biasanya kegiatan seperti ini kami adakan didalam masjid.” Pungkasnya

“Dan Alhamdulillah pada tahun ini kami undang juga ustadz kita, ustad Andi Baso Ariaji dan Alhamdulillah beliau sudah terpilih duduk sebagai anggota Dewan, dan beliau aktif sebagai remaja masjid dan sebagai tonggak kedepannya untuk generasi anak kita ini khususnya warga madrasah di kecamatan tanjung morawa.” Sambungnya.

Lanjutnya, “Pesan yang terpenting untuk anak anak kami agar selalu terbiasa membaca Alquran, sudah terbiasa untuk sholat berjamaah di masjid dan bisa menjadi anak anak Sholeh dan Sholehah setelah tamat dari sekolah ini, dan harapan terbesar kami kepada anak anak kami, timba lah ilmu, karena ilmu itu akan di bawa, suatu saat jadilah kamu manusia yang bermanfaat untuk manusia yang lainnya.” Tutup kepala madrasah Mts Nurul Ikhwan

Disela-sela berakhir nya kegiatan Isra’ Mi’raj tersebut, para siswa siswi diberikan pertanyaan seputar islam, setiap pertanyaan di jawab oleh siswa akan mendapatkan hadiah berupa vaucer dan bingkisan yang sudah dipersiapkan oleh panitia, setelah itu di tutup dengan do’a dan bersholawat bersama.

 

Reporter: Jais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER