SHARE NOW

Ini Suku Tersohor Dihormati di Indonesia, Nomor 2 dari Pulau Sumatera

Ini Suku Tersohor Dihormati di Indonesia, Nomor 2 dari Pulau Sumatera

SUMATERA UTARA | Di Indonesia terdapat beberapa suku, gaungnya tersohor kuat dan paling disegani.

Suku-suku ini terkenal karena masih kental menjunjung tinggi nilai adat dan budaya warisan leluhur.

Bahkan, di era kehidupan serba canggih sekarang ini, mereka masih berpegang teguh dengan ajaran kepercayaan hingga hal-hal yang dipercaya memiliki nilai mistis peninggalan nenek moyangnya.

Mandau terbang adalah senjata tradisional Suku Dayak yang dapat terbang dan menebas kepala musuh. Alat ini biasanya digunakan untuk melindungi teman, saudara ataupun keluarga.

Selain mandau terbang, Suku Dayak juga memiliki ramuan buluh perindu yang dapat digunakan untuk membuat orang jatuh cinta.

2. Suku Nias, Sumatera Utara.

Suku kedua yang terkenal paling kuat dan ditakuti adalah Suku Nias, Sumatera Utara. Hingga saat ini Suku Nias masih mempertahankan adat dan budayanya. Dalam menjalani kehidupan, penduduk di Pulau Nias masih menjalani sesuai leluhurnya.
Suku Nias dikenal dengan budaya perangnya. Suku ini sering dijuluki sebagai Bangsa Sparta asli Indonesia, sebab pada zaman penjajahan kawasan Pulau Nias sangat susah ditaklukkan.
 
Pada tahun 1998 silam, terdapat tragedi yang menewaskan ratusan manusia di mana mereka dibunuh dengan cara di penggal dan kemudian di arak keliling kota. tragedi tersebut dinamakan tragedi santet Banyuwangi.

Suku Asmat percaya mereka berasal dari keturunan Dewa Fumeripitsy.

Konon, katanya jangan sampai membuat Suku Asmat marah jika tidak kalian akan kena karmanya. Jika mereka marah, kalian bisa tiba-tiba sakit, miskin, atau lainya hal-hal yang tak terduga.

3. Suku Osing, Banyuwangi

Suku selanjutnya berasal dari Banyuwangi, Banyuwangi terkenal dengan hal-hal mistisnya.

Selain dikenal dengan hal mistis, Banyuwangi memiliki suku yang paling di takuti tak hanya dalam negeri namun orang luar negeri juga yaitu Suku Osing.

4. Suku Asmat, Papua

Suku keempat yang paling terkuat dan ditakuti adalah suku yang berasal dari Papua yaitu Suku Asmat.

Suku Asmat percaya mereka berasal dari keturunan Dewa Fumeripitsy.

Konon, katanya jangan sampai membuat Suku Asmat marah jika tidak kalian akan kena karmanya. Jika mereka marah, kalian bisa tiba-tiba sakit, miskin, atau lainya hal-hal yang tak terduga.

Suku ini percaya bahwa Tana Toa merupakan tanah yang digunakan Tuhan untuk menciptakan Bumi.

Dalam suku kajang terdapat sebuah ritual attuna panroli yang biasanya di gunakan ketika mengalami masalah, seperti adanya pencurian. Tradisi ini dilakukan dengan menguji kejujuran orang dengan memberikan seseorang tersebut linggis yang sudah di bakar.

Linggis tersebut tidak akan terasa panas jika orang yang memegangnya berkata jujur, namun sebaliknya jika berbohong maka akan membakar orang tersebut.

Bahkan jika pelaku kabur, maka akan dilakukan upacara dengan membacakan mantra oleh sesepuh adat sehingga membuat pelaku sakit dan meninggal.

6. Suku Toraja, Sulawesi

Suku Toraja memiliki kebudayaan yang unik di mana yang paling terkenal adalah dalam upacara adat penguburan. Ketika ada seseorang yang meninggal maka, akan di buatkan sebuah gua di lereng gunung sebagai tempat pemakaman.

7. Suku Korowai, Mappi Papua.

Suku selanjutnya berasal dari pedalaman wilayah Papua, suku ini masih di kenal dengan primitif yaitu Suku Korowai. Saking primitifnya mereka hingga tega memakan daging manusia.

Suku ini baru ditemukan pada tahun 70-an di daerah Kaibar, Kabupaten Mappi. Hingga saat ini suku ini masih menjalani kehidupan seperti leluhurnya. Menggunakan pakaian dari alam dan berburu untuk bisa makan.

8. Suku Bati, Pulau Seram Maluku

Terakhir adalah suku bati yang berasalah dari Maluku. Konon, suku bati bukanlah manusia melainkan makhluk besar mirip seperti kelelawar.

Itulah 8 suku yang terkenal paling di takuti dan terkuat di Indonesia. Sebagai warga Indonesia kita patut untuk menghargai dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia agar tidak punah.

 #tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER