SHARE NOW

Tokoh Toleransi R Haidar Alwi : Jangan Remehkan Kebangkitan Partai Buruh, Kemungkinan Beri Kejutan Politik di Indonesia

Bagaimana Partai Buruh Indonesia bangkit dari mati suri.

JAKARTA| Tvnyaburuh.com – Kata Diatas adalah sepenggal judul tulisan yang dirilis oleh R Haidar Alwi Presiden HAI dan HAC sekaligus tokoh toleransi Indonesia dalam pandangannya melihat bangkit kembalinya Partai Buruh yang dinahkodai oleh tokoh buruh Said Iqbal.

“Jangan pernah meremehkan kemungkinan adanya kejutan politik di Indonesia,” tulis Haidar dalam pengantar tulisannya yang diterima Tvnyaburuh.com, Senin (3/1/2022).

Lebih lanjut Haidar menulis, pada 5 oktober 2021 telah dideklarasikan Partai Buruh yang baru di Jakarta, Said Igbal ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dipilih menjadi Presiden Partai Buruh untuk masa jabatan 2021-2026.

Dalam konstelasi politik Indonesia,buruh menjadi salah satu sasaran utama parpol dikarenakan potensi suara yang sangat besar.

Konotasi negatif semenjak orde baru berhasil mengkooptasi aspirasi politik sehingga buruh hanya bisa bersuara pada fungsi sosio-ekonimis belaka.

Strategi yang bisa dilakukan oleh gerakan buruh adalah membuka kemungkinan membentuk partai politik dengan membangun konstituen yang kuat dengan cara melaksanakan penyerapan aspirasi dari bawah dalam mengidentifikasi masalah beserta tawaran solusi sebagai bentuk dari pendidikan politik bagi rakyat dan buruh. 

Selain itu, untuk mengurangi fragmentasi antar lintas organisasi, gerakan buruh juga harus segera melakukan konsolidasi. Seluruh aktivis buruh duduk bersama dan bermusyawarah merumuskan tujuan pembangunan partai buruh secara deliberatif.

Partai politik dan kelompok buruh memang bisa saling memanfaatkan. Partai butuh suara buruh, sedang buruh butuh aspirasinya direalisasikan.

Partai Buruh harus serius memperjuangkan nasib kaum buruh tani, nelayan, pekerja dan warga miskin yang tidak banyak dilakukan oleh partai-partai yang ada di negeri ini.

Dan bisa menjadi wadah dari bentuk kejenuhan, kejumudan, kekecewaan terhadap keadaan bangsa dan negara yang belum ideal dan belum sesuai dengan harapan mereka. 

Partai buruh juga harus menjadi pelopor pemersatu dalam kondisi dimana rakyat terbelah menjadi “cebong” dan “kadrun”. 

Stategi anggaran juga harus menjadi andalan partai buruh, dimana semisal anggaran pendidikan tetap disangka yg sama tapi peruntukan harus diprioritaskan untuk kesejahteraan para guru dan pengangkatan guru honorer menjadi tetap. Begitu juga anggaran departemen pu juga diprioritaskan utk perumahan rakyat. 

Dalam sejarah kemenangan Partai Buruh di dunia selalu di mulai dengan adanya suatu trigger untuk meraup suara.

1.Selandia Baru

Trigger Partai buruh di selandia baru adalah melawan dominasi yang mewajibkan wajib militer.

2. Norwegia

Trigger Partai Buruh Norwegia adalah kebijakan masa depan industri minyak.

3. Spanyol

Trigger Partai Buruh Spanyol (PSOE) adalah memperjuangkan keadilan sosial,menyelesaikan konflik politik dengan Catalonia,dan mengakhiri korupsi.

4. Korea Utara

Trigger Partai Buruh di korea utara adalah idiologi komunisme.

Perlu juga diketahui Trigger Partai Buruh di indonesia adalah omnibus law atau Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang sudah disahkan oleh DPR RI .

Omnisbus law atau Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentanh Cipta Kerja bisa menjadi pemicu kebangkitan Partai Buruh di Indonesia. 

“The Real Partai Rakyat kecil adalah Partai Buruh. Partai yang selalu melakukan kritik dan selfkritik. Mudah2an partai buruh bisa menjadi angin segar perubahan perpolitikan di Indonesia. Kapitalisme yang tamak telah menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban (Paus Franciskus),” tutup tulisannya.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER