SHARE NOW

Telan Rp306 Miliar, Flyover Unik Karya Anies Baswedan yang Mirip Tapal Kuda Ini Diklaim Jadi Pengurai Kemacetan

Telan Rp306 Miliar, Flyover Unik Karya Anies Baswedan yang Mirip Tapal Kuda Ini Diklaim Jadi Pengurai Kemacetan

 

 

 

JAKARTA | Salah satu infrastruktur yang dibangun sebagai pengurai kemacetan yaitu dengan dibangunnya flyover.

Namun tahukah anda ternyata di Jakarta ada sebuah flyover unik yang menghabiskan anggaran pembangunannya yang sangat fantastis yakni Rp306 miliar.

Pembangunan flyover ini disebutkan sebagai salah satu karya Anies Baswedan saat dirinya tengah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dikutip dari laman aniesbaswedan.com, flyover ini dibangun pada salah satu titik kemacetan yang cukup serius di daerah Jakarta Selatan, tepatnya di Lebak Bulus dan Tanjung Barat yang berbatasan dengan rel kereta api.

Flyover yang bernama Double U Turn atau Flyover Tapal Kuda ini dibangun sejak Oktober 2019 dengan menghabiskan total anggaran Rp306 miliar dengan rincian Rp163 miliar untuk Flyover Tanjung Barat dan Rp 143 miliar untuk Flyover Lenteng Agung.

Setelah diadakan uji coba, Flyover Tapal kuda di Jakarta Selatan ini mulai dibuka permanen pada April 2021.

Pembangunan Flyover Tapal Kuda ini disebutkan sebagai alat pengurai kemacetan, lalu lintas yang bersinggungan dengan jalur kereta api.

Adapun flyover bagian Tanjung Barat memiliki lebar 8 meter dan panjang 1.120 meter dengan rincian sisi selatan 470 meter, dan sisi utara 580 meter.

Dan flyover bagian Lenteng Agung memiliki panjang 880 meter dengan rincian sisi barat 430 meter dan sisi timur 450 meter.

Dengan bentuknya yang sangat unik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim flyover yang berada di Jalan Raya Lenteng Agung ini akan menjadi ikon baru. Bahkan flyover yang menyerupai tapal kuda ini disebut sebagai yang pertama di Indonesia.
 
Selain itu di antara Flyover Tapal Kuda tersebut terdapat sebuah jembatan penyeberangan orang (JPO).
 
JPO tersebut ditujukan untuk para pejalan kaki yang ingin menyeberang melintasi rel kereta api.
 
JPO ini pun memiliki desain futuristik yang dimana terletak diantara double U turn yang dilengkapi dengan desain yang menarik dan lampu futuristik, dan juga dilengkapi lift bagi pengguna berkebutuhan khusus.

Tak hanya itu rumah-rumah warga yang berada di sekitar flyover dan JPO Tapal Kuda tersebut atapnya dilukis.

Sehingga, apabila kita melihatnya dari atas, akan terlihat atap-atap warga yang berwarna-warni tersebut bersatu membentuk ondel-ondel.
 
 
#Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER