SHARE NOW

Sinergitas Dengan DKP Provsu, Bupati Samosir Bersama Forkopimda Tebar 290.000 Bibit Ikan Nila di Danau Toba

SAMOSIR | TVNYABURUH, – Vandiko T. Gultom diwakili Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak bersama unsur Forkopimda dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara melakukan penaburan benih Ikan Nila sebanyak 290.000 ekor di Danau Toba. Acara penaburan benih Ikan Nila dilakukan di dua titik yakni di Pelabuhan Onan Runggu dan di Kawasan Alur Tano Ponggol Kecamatan Pangururan, Senin (1/4/2024)

 

Pada kesempatan tersebut, turut hadir wakil ketua DPRD Pantas M. Sinaga, Pabung 0210/TU G. Sebayang, Kapolres diwakili Kasat Binmas AKP H. Rajagukguk, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu diwakili Kabid Perikanan Tangkap Jenni Masniari, Plt. Kadis Ketapang Pertanian Tumiur Gultom, Camat Pangururan Robintang Naibaho dan Lurah Pasar Pangururan Tiodora Manalu.

 

Selanjutnya, camat Pangururan Robintang Naibaho menyampaikan terima kasih atas dipilihnya kawasan Pangururan sebagai salah lokasi restocking ikan nila. Hal ini tentu akan lebih menambah semangat dalam melestarikan Danau Toba.

 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu diwakili Kabid Perikanan Tangkap Jenni Masniari menyampaikan kegiatan restocking ini adalah sesuai dengan usulan dari Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir. Maka hari ini akan dilakukan penaburan benih ikan nila sebanyak 290.000 ekor, yang akan dilakukan pada dua titik yakni di Kawasan Alur Tano Ponggol sebanyak 150.000 ekor dan di Pelabuhan Onan Runggu sebanyak 140.000 ekor.

 

Jenni menyampaikan bahwa restocking ini dilakukan dalam upaya meningkatkan produksi dan menjaga habitat Ikan Nila di perairan Danau Toba.

 

Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M. Sinaga mengapresiasi Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu atas perhatiannya dalam mendukung kecukupan ikan di Danau Toba, apalagi pasca ditertibkannya keramba jaring apung di kawasan Danau Toba yang dialihkan ke perikanan tangkap dan perikanan darat.

 

Pantas berharap kedepan agar kegiatan serupa dapat juga dilakukan di embung dan pea (danau kecil) yang ada daratan Pulau Samosir, dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

 

Bupati Samosir diwakili Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sinergitas antara Pemkab Samosir dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Marudut meminta hendaknya kerjasama yang baik ini dapat terus ditingkatkan dan berbagai usulan-usulan pembangunan dari Pemkab Samosir dapat menjadi perhatian dari Pemprovsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER