SHARE NOW

Said Iqbal: Video Petinggi Buruh Makan-makan Saat Demo Hoaks

JAKARATA | Presiden Partai Buruh Said Iqbal menegaskan bahwa video yang menarasikan dirinya sedang makan-makan di tengah aksi demo buruh di Jakarta pada 9-10 Agustus 2023 sebagai video hoaks.

“Itu berita hoaks, fitnah,” kata Said dalam sebuah rekaman video di kanal Youtube Partai Buruh, Sabtu (12/8).

Said menegaskan dirinya hadir langsung dalam aksi demo buruh pada Rabu, 9 Agustus 2023. Dalam aksi tersebut, para buruh menuntut agar Undang-undang Cipta Kerja dicabut dan menaikkan upah minimum 2024 sebesar 15 persen.

Selain itu, mereka juga menuntut agar aturan ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20 persen menjadi 0 persen, revisi parliamentary threshold 4 persen, hingga menuntut pencabutan UU Kesehatan yang baru disahkan.

“Saya terjun langsung sampai akhir. Begitu pula pada tanggal 10 Agustus, ketika kawan-kawan lanjutkan aksi, maka saya mendukung. Dan setelah aksi itu saya sakit selama satu hari tidak bisa ke mana-mana, tidur di tempat tidur, minum obat,” ujar Said.

Sebelumnya suatu video yang viral di media sosial menunjukkan Said Iqbal bersama dengan sejumlah tokoh Partai Buruh tengah makan-makan di sebuah lokasi. Video itu dinarasikan seolah-olah Said Iqbal malah makan-makan ketika massa buruh melakukan aksi demonstrasi.

Said membenarkan ia adalah sosok dalam video yang viral itu. Namun, video itu diambil ketika dirinya menghadiri konsolidasi Partai Buruh di Jawa Tengah.

“Kejadian dalam video itu adalah ketika saya sebagai Presiden Partai Buruh melakukan konsolidasi se-Jawa Tengah, di antaranya saya mengikuti konsolidasi di Cilacap, meliputi delapan kabupaten/kota. Waktu itu makan siang di kantor buruh,” ungkap dia.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Exco Partai Buruh Ilhamsyah menyebut video hoaks itu merupakan serangan terbuka ke Partai Buruh. Menurutnya hal ini menjadi ancaman serius karena bisa mendiskreditkan Partai Buruh.

“Sasarannya memang serangan terbuka untuk Partai Buruh, dia menyerang presiden Partai Buruh, tentu tujuan utamanya adalah menyerang Partai Buruh,” papar Ilhamsyah.

Ia menduga ada kelompok-kelompok yang tidak senang dengan aksi buruh dan menganggap Partai Buruh akan menjadi ancaman jelang Pemilu 2024. Namun, Ilhamsyah tidak menjelaskan secara rinci kelompok atau pihak yang dimaksud.

“ini bentuk serangan terbuka atau kekhawatiran dari kelompok-kelompok yang merasa partai buruh akan menjadi ancaman bagi mereka,” tuturnya.

Di sisi lain, Ilhamsyah mengatakan pihaknya tidak mau terburu-buru mengambil langkah untuk melaporkan penyebar video hoaks tersebut ke polisi.

“Kita akan pertimbangkan langkah-langkah apa yang akan kita ambil, karena kita juga tidak mau arogan, ada kritik, fitnah, langsung kita balas dengan laporan ke polisi,” jelas dia.

“Kita balas dengan buat konferensi pers, buat video tandingan, klarifikasi-klarifikasi dengan media, itu lah cara kita menghadapi,” imbuhnya

#red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER