SHARE NOW

Said Iqbal Calon Tunggal Ketua Umum, Jelaskan Perbedaan Partai Buruh Lama dengan Yang Baru, Ini Katanya

JAKARTA| Tvnyaburuh.com – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan perbedaan antara Partai Buruh yang lama dengan yang baru, atau yang bakal dideklarasikan pada Senin (4/10/2021).

Menurutnya, perbedaan paling mencolok antara Partai Buruh lama dan baru terletak pada jumlah serikat buruh yang mendukung di belakangnya.

Partai Buruh lama hanya didukung oleh satu serikat buruh yaitu Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI). Sementara itu, Partai Buruh baru akan didukung sejumlah elemen, mulai dari Serikat Petani Indonesia (SPI), puluhan konfederasi dan serikat buruh di level nasional, hingga forum guru honorer.

“Hari ini Partai Buruh yang baru didukung oleh Serikat Petani Indonesia, organisasi petani terbesar di Indonesia, empat konfederasi serikat buruh di tingkat nasional, 50 federasi serikat buruh di tingkat nasional, forum guru honorer, tenaga honorer dan guru swasta, gerakan perempuan Indonesia,” kata Said dalam konferensi daring, Minggu (3/10/2021) dilansir dari CNN Indonesia.

Jumlah elemen pendukung yang lebih banyak ini, menurut Said, bakal membuat konstituen Partai Buruh semakin luas.

Lebih lanjut, Said menyatakan bahwa kebutuhan akan keberadaan Partai Buruh di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan. Menurutnya, isu-isu yang dibawa Partai Buruh mendatang pun akan berbeda karena harus merefleksikan isu-isu dari gerakan sosial, gerakan serikat buruh, gerakan petani, dan gerakan-gerakan lainnya.

“Jadi spektrumnya luas isunya,” tutur Said.

Said menambahkan, kekalahan telak kaum buruh, petani, nelayan, guru, aktivis lingkungan hidup, pegiat HAM dengan dalam pengesahan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja menjadi salah satu alasan utama membangkitkan kembali Partai Buruh saat ini.

Partai Buruh, lanjut Said, akan menyalurkan semua aspirasi para konstituen. “Basis konstituennya sudah ada, meluas, nanti akan kita sampaikan,” ucap Said.

Sebelumnya, Said mengungkapkan bahwa dirinya menjadi calon tunggal Ketua Umum Partai Buruh mendatang jelang penyelenggaraan kongres pada Selasa (5/10/2021).

Said mengklaim dirinya menjadi satu-satunya nama yang disepakati secara bulat untuk menjadi Ketua Umum Partai Buruh selanjutnya.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER