SHARE NOW

Podcast RBP Siap Menjadi Jendela Informasi Pemuda Jakarta

Podcast RBP Siap Menjadi Jendela Informasi Pemuda Jakarta

JAKARTA | Saat ini, informasi tersedia tidak seperti waktu lampau kini era multimedia terus bertransformasi menjadi trend dikalangan masyarakat yang serba digital salah satunya media Podcast.

Aktivis Kepemudaan yang juga pengurus DPD KNPI DKI Jakarta, David selaku pengagas hadirnya Podcast Ruang Bicara Pemuda (RBP) yang baru saja dilaunching Rabu, (23/08/2023).

David menjelaskan istilah podcast, yang merupakan kombinasi dari kata “iPod” dan “broadcast” didefinisikan sebagai “file audio digital yang dibuat dan kemudian diunggah ke platform online untuk dibagikan kepada orang lain”.

Menurut tren Google, yang dapat menjadi indikator efektif perubahan minat relatif terhadap suatu topik oleh populasi global, volume penelusuran untuk istilah “podcast” telah meningkat dalam minat relatif. Tren lain di masyarakat juga menunjukkan bahwa podcasting semakin populer.

menurut Edison Research (2017), sebanyak 60% orang berusia 12 tahun ke atas mengetahui istilah “Podcasting”, pada tahun 2017 dibandingkan dengan hanya 22% pada tahun 2006. Juga pada tahun 2017, 40% responden telah mendengarkan ke podcast, dan 24% mendengarkan podcast setiap bulan.

Dari responden yang mendengarkan setiap bulan, 77% pendengar berusia antara 18 dan 54 tahun, dan 16% lainnya berusia 55 tahun atau lebih, sehingga berbagai demografi usia sering mendengarkan.

Penelitian Edison dilaporkan di Amerika Serikat pada tahun 2019, 32% orang berusia ≥12 tahun mendengarkan podcast dalam sebulan terakhir, naik dari 9% pada tahun 2008. Terlebih lagi, 22% orang Amerika berusia ≥12 tahun mendengarkan podcast mingguan pendengar, dibandingkan dengan 7% pada tahun 2013 (Edison Research, 2019 ).

Layanan Apple Podcasts sendiri menampilkan lebih dari 1,2 juta podcast dengan lebih dari 32 juta episode (Lewis, 2020 ), dan pada tahun 2018, terdapat 50 milyar unduhan podcast.

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, platform komunikasi podcast menjadi media komunikasi yang semakin populer.

David menyatakan bahwa adanya Podcast RBP ini adalah sebuah bentuk komitmen real dari Ketua KNPI DKI Jakarta yaitu Ronny Bara Pratama dalam program digitalisasi KNPI sebagai wadah berhimpunnya OKP, dan nanti melalui Channel podcast RBP akan di isi oleh narasumber yakni para Ketua OKP tingkat Jakarta, senior KNPI, pejabat publik, publik figur serta tokoh politik Jakarta maupun nasional.

Dan jelang pemilu 2024 nanti kami siap menyajikan informasi melalui podcast dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan memberikan pendidikan politik di kalangan pemuda jakarta “tutup David.

Reporter: Hilman Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER