SHARE NOW

Peresmian PLTS ATAP, Wabup: Bukan Hanya untuk Penerangan, Tapi Juga Meningkatkan Kualitas Hidup

DELI SERDANG | TVNYABURUH — Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ATAP PT Bungasari Flour Mills Indonesia di Jalan Saparua IV, Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Selasa (22/11/2022).

“Pembangunan bangsa merupakan tanggungjawab bersama, yang membutuhkan peran dan kontribusi dari seluruh pengusaha elemen, baik pemerintah, dan masyarakat. Salah satu wujud dari kontribusinya adalah dengan memperhatikan aspek sosial dan kesejahteraan masyarakat,” kata Wabup dalam sambutannya.

Listrik, sebut Wabup, sebagai sumber kesejahteraan masyarakat memiliki peran penting bukan hanya untuk penerangan, tapi juga memberi kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Malam hari, anak-anak bisa belajar, atau yang mempunyai usaha di rumah, listrik juga bisa menghidupkan usaha-usahanya.

“Bagi saya yang paling penting anak-anak dapat belajar dengan baik tanpa kekurangan pencahayaan, agar kedepan sumber daya manusia bisa lebih baik dan bisa bersaing dengan negara-negara lain,” tegas Wabup.

Oleh karena itu, Wabup mengapresiasi PT Bungasari Flour Mills Indonesia yang membangun PLTS ATAP tersebut.

“Tentu ini merupakan bentuk komitmen dari PT Bungasari Flour Mills Indonesia dalam mendukung penggunaan energi terbarukan berbasis tenaga surya melalui PLTS ATAP,” ucap Wabup.

Dengan dibangun dan diresmikannya PLTS ATAP tersebut, Wabup berharap akan memberi dampak besar bagi masyarakat Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Deli Serdang.

Sementara itu, Presiden Direktur (Presdir) PT Bungasari Flour Mills Indonesia, Budianto Wijaya mengatakan, salah satu langkah untuk mewujudkan bumi yang sehat dan dapat diwariskan kepada generasi muda nantinya dengan mengurangi bahan bakar fosil, seperti bensin, gas dan minyak bumi yang akan menyebabkan pemanasan global.

Maka dari itu, PT Bungasari Flour Mills Indonesia mencoba menghemat bahan bakar fosil atau mengurangi pemakaiannya dan menggunakan sumber energi terbaru, yakni energi matahari.

Disebutkan Budianto Wijaya, PLTS tersebut berkapasitas 2,4 Megawatt (MW) dengan luas area 1,5 Hektare (Ha).

“Dengan adanya PLTS ini akan mengurangi MC Carbone. Untuk pabrik tepung terigu PLTS PT Bungasari Flour Mills Indonesia masih yang terbesar, dengan tujuan agar langkah ini dapat diikuti juga pelaku industri lainnya,” sebutnya.

Hadir pada acara tersebut, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Tengku, M Zaki Aufa SSos MAP; Kadis Ketenagakerjaan, Drs Binsar TH Sitanggang MSP; perwakilan Dinas Lingkungan Hidup; perwakilan Dinas PMPTSP; Camat Labuhan Deli, Eddy Saputra Siregar SSTP.MAP beserta Muspika; Kepala Desa Pematang Johar.

#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER