SHARE NOW

Pengukuhan Besar Peraturan Adat dan Sanksi Hukum di Desa Simorangkir Habinsaran

Pengukuhan Besar Peraturan Adat dan Sanksi Hukum di Desa Simorangkir Habinsaran

TAPANULI UTARA | Pada hari ini kamis 28/09/2023 kepala desa Simorangkir Habinsaran Hardi Saut Simorangkir mengadakan Giat pengukuhan dengan masyarakat tentang hukum adat dan sanksi adat yang harus dipatuhi dan dijalankan di desa Simorangkir habinsaran Tarutung kecamatan siatas barita Tapanuli Utara.

Sebelum pengukuhan dan disahkan serta dibacakan ikrar dihadapan masyarakat yang ada didesa Simorangkir Habinsaran, terlebih dahulu diadakan acara kebaktian gereja yang dipandu oleh Pendeta.

Jauhari kepala desa telah mengadakan rapat bersama masyarakat selama 3 kali pertemuan beberapa minggu yang lalu, dan barulah ada hasil yang harus disepakati dan dilaksanakan bersama masyarakat desa Simorangkir Habinsaran yang harus dijalankan dan patuhi semua masyarakat yang ada didesa Simorangkir Habinsaran.

Dalam acara tersebut turut dihadiri dinas pemerintah kecamatan Siatas Barita Elyanto Sitompul, Babinsa Zulkarnaen Sidabutar, Bhabinkatibmas Esado Sitanggang, muspika dan beberapa kepala desa tetangga turut juga menghadiri kegiatan tersebut.

Didalam hasil pengukuhan atau kesepakatan tersebut dituangkan semua peraturan dan sanksi hukum adat buat masyarakat yang melanggar, adapun panitia membacakan hasil musyawarah dan kesepakatan tentang hukum dan sanksi adat didesa Simorangkir habinsaran sekaligus dilakukan penandatangan surat keputusan yang sudah disepakati di desa Simorangkir habinsaran tersebut yang diterima langsung oleh kepala desa Simorangkir Habinsaran Hardi Saut Simorangkir yang diserahkan oleh para penetua adat yang sudah ditunjuk sebagai penanggung jawab dari peraturan yang sudah disepakati.

Dan acara musyawarah tersebut para warga desa Simorangkir Habinsaran sangat senang dan bangga dengan adanya peraturan yang sudah disepakati bersama, harapan bersama para masyarakat desa Simorangkir Habinsaran dengan adanya peraturan yang sudah disepakati tentu ini akan membawa kedamaian dan kekompakan untuk saling menjaga dan menghargai antar masyarakat yang ada didesa simorangkir habinsaran.

Semoga dengan adanya peraturan yang diadakan didesa Simorangkir habinsaran bisa membawa contoh yang bagus buat desa tetangga yang lainnya.

Masyarakat desa simorangkir habinsaran khususnya, juga desa tetangga turut mengucapkan banyak terimakasih kepada kepala desa Simorangkir habinsaran Hardi Saut Simorangkir beserta perangkat desa dan para tokoh masyarakat yang sudah mempunyai ide dan gagasan yang cemerlang untuk terciptanya kedamaian dan kekompakan buat masyarakat yang ada didesa Simorangkir habinsaran.

Reporter: Pahala Simorangkir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER