SHARE NOW

Pengendara Bermotor Cari Jalan Alternatif, Longsor di Sitinjau Lauik Ada 4 Titik, Ini Infonya.

PADANG | TVNYABURUH — Empat titik menjadi lokasi longsor di Sitinjau Lauik yang merupakan ruas jalan Padang-Solok, Sumatera Barat, Sabtu (20/8/2022). 

Akibat longsor di Sitinjau Lauik ini, pengendara pun tidak bisa melewati kawasan Lubuk Paraku, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang menjadi titik longsor. 

Saat ini akses jalan Padang-Solok pun putus total, jalan utama ini pun tak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. 

“Iya akses jalan Padang – Solok putus total dan tidak dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat,” kata Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon.

Longsor, lanjut Kompol Lija Nesmon terjadi setelah Kota Padang dan sekitarnya diguyur hujan sejak siang hingga saat ini pukul 14.28 WIB. Setidaknya ada empat titik longsor yang terpantau. 

“Ada empat titik longsor, termasuk di lokasi bekas longsor sebelumnya,” kata Kompol Lija Nesmon.

Kendaraan yang hendak menuju ke Padang atau Solok diharapkan mencari jalur alternartif lain, kendaraan yang hendak menuju ke Padang atau Solok diharapkan mencari jalur alternartif lain.

Namun, alat berat ini tidak dapat bekerja dengan cepat karena hanya satu unit.

“Tentu dikerjakan satu titik dulu, baru ke titik lainnya,” kata Kompol Lija Nesmon.

Senin (25/7/2022), silam , akses lalu lintas Padang – Solok juga lumpuh total akibat material longsor menimbun badan jalan, longsor ini terjadi di kawasan Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

“Kita tutup total jalan Solok – Padang dengan traffic cone (kerucut lalu lintas) dan menurunkan petugas ke lapangan, karena di kawasan Sitinjau Lauik ada longsor,” kata Kasat Lantas Polres Solok, AKP Dian Jumes Putra.

Ia mengatakan, Satlantas Polres Solok hanya menutup sementara jalan menuju Kota Padang, karena dikhawatirkan adanya longsor susulan.

“Ini kita lakukan agar kendaraan tidak menumpuk, karena di kawasan Kota Padang terjadi longsor. Jadi sangat berisiko, saat ini pun masih hujan,” katanya. Ia menjelaskan, penutupan ini hanya sementara waktu dan pembersihan sedang dilakukan.

“Kita berharap semoga pihak Dinas PU cepat mengatasi kejadian longsor ini dan akses lalu lintas kembali lancar,” kata AKP Dian Jumes Putra.

Diberitakan sebelumnya, satu unit truk tertimbun material longsor di Jalan Padang – Solok, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (25/7/2022).

“Iya kembali terjadi longsor barusan laporannya masuk. Petugas kita sedang dalam perjalanan menuju lokasi,” kata Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon. Kata dia, bencana tanah longsor ini terjadi di lokasi yang sama persis pada sebelumnya.

“Terjadi di bekas longsor yang lama juga. Lokasi tepatnya di Aia Bajanjang Jalan Padang – Solok,” kata dia.

Kompol Lija Nesmon menyebutkan kendaraan saat ini tidak dapat melewati jalur tersebut karena tertimbun material longsor.

“Ada satu unti mobil truk tangki yang terkena material longsor. Namun, kita belum mendapatkan informasi pasti apakah ada korban atau tidak,” katanya.

Longsor kali ini dipicu oleh adanya hujan yang turun mengguyur kawasan Kota Padang sejak subuh hingga siang hari ini.

“Apalagi tanah tebingnya sudah pernah longsor juga, hujan sedikit longsor lagi,” kata Lija Nesmon.

#tim/red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NEWSTICKER