SHARE NOW

Pendaftaran Tiket Mudik Gratis Dibuka Secara Online

Pendaftaran Tiket Mudik Gratis Dibuka Secara Online

 

 

 

 

BATAM | Pendaftaran tiket mudik gratis kapal Pelni KM Kelud yang sebelumnya distop karena terjadi aksi dorong-dorongan, hari ini, Senin (25/4) dibuka kembali. Berbeda dengan pendaftaran sebelumnya, kali ini calon penumpang diwajibkan mendaftar secara online, sebelum akhirnya membawa bukti pendaftaran ke kantor Pelni Batam yang berada di Kecamatan Sekupang.

Langkah ini juga terbukti mampu meminimalisir penumpukan jumlah penumpang di pelabuhan. Pasalnya, mereka yang ada di kantor Pelni ini adalah mereka yang sudah mendaftar online. “Ya, disini cuma registrasi saya setelah daftar online. Jadi tadi juga dikasih tiketnya juga,” ujar Aspawi, warga Batu Ampar.

Kepala kantor PT Pelni Cabang Batam Tengku Muhammad Iqbal menyebutkan, hari ini pihaknya melanjutkan pendaftaran mudik gratis dari Dinas Perhubungan Indonesia dengan rute Batam- Belawan, Medan dan Batam – Tanjung Priok, Jakarta. “Alhamdulillah hari ini seluruh kuota tiket gratis telah terpenuhi, ” ujar Iqbal.

Ia menyebutkan, total ada 1.172 pax tiket gratis yang disediakan Dinas Perhubungan bagi masyarakat Kota Batam. Rinciannya, 772 pax kuota gratis untuk rute Batam-Belawan dan 400 pax kuota untuk rute Batam.-Tanjung Priok, Jakarta. “Untuk keberangkatan perdana tiket gratis ini kita jadwalkan 27 Maret ini dengan total 200 pax, ” sebut Iqbal.

Lalu dilanjutkan, rute Jakarta – Batam pada 29 Maret 2024 – 200 pax dan Batam – Belawan pada 7 April 2024. Dilanjutkan, Batam-Jakarta 13 April 2024 dan Jakarta-Batam 15 April 2024. “Jadi tadi ketika kuota gratis sudah habis kita tutup pendaftaran dan kita alihkan ke pembelian reguler, memang masih ada pilihan tanggal dan rute Batam Belawan dan Batam Jakarta non seat yang bisa diakses masyarakat, ” ucapnya.

Selain itu, untuk menyambut masa peak season ini pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan. Termasuk menyiapkan KM. Dorolonda untuk kapal tambahan selama mudik lebaran. Kapal ini nantinya akan melayani penumpang dengan tujuan Batam Belawan, Medan dan Batam Tanjung Priok, Jakarta. Untuk Dorolonda ini nantinya akan mulai beroperasi pada H-7 Lebaran dengan rute Belawan dan Tanjuang Priok Jakarta.

Sementara itu KM. Kelud, PT Pelni cabang Batam menambah kapasitas kursi penumpang tujuan Batam-Medan dan Batam-Jakarta sebanyak 1.134 seat pada anggukan Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Untuk penjualan tiket kapal milik PT Pelni untuk periode angkutan lebaran 1445 H Tahun 2024 sudah dimulai dari minggu pertama di bulan Maret 2024. Khusus KM Kelud, terdapat penambahan dispensasi sebanyak 1.134 seat.

Dengan diberikannya dispensasi tersebut, total kapasitas KM Kelud untuk angkutan lebaran tahun ini sebesar 3.865 seat.

 

#Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER