SHARE NOW

Pembagian BLT Tidak Tepat Sasaran di Desa Sisarahili yang Diduga Oknum Istri Perangkat Desa Penerima BLT, Jawaban Kepala Dusun V dan Kadesnya, Kurang Sehat!!

NIAS UTARA | TVNYABURUH.COM —
BSS(Bantuan Sosial Sembako) dan BLT(Bantuan Langsung Tunai) pada umumnya yang wajib mendapatkannya ialah bagi warga yang kurang mampu disetiap desa diseluruh Indonesia, namun lain di desa Sisarahili ini, yang mendapatkan BSS ataupun BLT tersebut, malah yang diduga istri perangkat desa atas nama inisial AN.L, seorang istri kepala dusun V desa Sisarahili kec Namehalu Esiwa kab Nias Utara. Selasa, 27/09/2022.

Bantuan yang diterima yang diduga satu orang istri perangkat desa sisarahili menerima jenis Bantuan Sosial Sembako(BSS) dan Bantuan Langsung Tunai(BLT) BBM yang diberikan melalui PT Pos lotu 22851 langsung diberikan dan diterima lewat nomor rekening atas nama AN.L dengan nomor urut 435 pada tanggal 16/09/2022.

Terkait pemberitaan tersebut, tvnyaburuh mengkonfirmasi lewat via whatsapp, kepala dusun V desa Sisarahili, Yasato Harefa dengan entengnya Menjawab “Tanya menteri sosial jangan tanya sama saya”. Pukul 18.38wib

Inilah jawaban kepala dusun V Yasato Harefa yang tidak pantas menjadi contoh bagi warganya atas dugaan istri perangkat desa yang mendapatkan bantuan BLT di dusunnya tersebut, sementara awal dasar yang mengetahui yang layak maupun tidak layak menerima bantuan BLT itu didasari dari bawah, khususnya kepala dusun, ke kepala desa, dari kepala desa ke Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara.

Dilain tempat tvnyaburuh juga mengkonfirmasi Kepala Desa Menitehe Harefa, via whatsapp, atas pemberitaan dugaan istri perangkat desa yang menerima BLT mengatakan “Sedikit supaya diketahui terkait pendataan KPM penerima Subsidi BBM datanya itu bukan dari desa dan sama sekali belum diverifikasi oleh desa, beda dengan BLT DD yg langsung diverifikasi oleh desa melalui musdes”

Lanjutnya, “Jadi terkait istri perangkat desa dapat bantuan dimaksud jelas itu bukan usulan dari desa, baiknya hal ini ditanya ke dinsos kabupaten, mereka yang lebih tau data itu sebab yang berhubungan langsung ke Kemensos itu adalah dinas sosial”

Jelasnya lagi, “Dan terkait surat ederan dinsos terkait verifikasi nama2 itu blm sampai ke desa kita sampai saat ini. Saya lihat diberita kemarin itu untuk kecamatan Afulu atau Lahewa kalau tidak salah, jadi kita tidak ada dasar untuk melarang siapapun yang ada PD data yang telah dikirimkan ke kita terkait bantuan dimaksud, saya kira demikian”. Sambung Kepala desa Sisarahili. Pukul 20.00wib.

Terkait jawaban kepala desa Sisarahili, apakah benar setiap data warga itu yang lebih mengetahuinya Kemensos ketimbang pemerintah desa tersebut, sementara menurut aturan yang ada, data awal warga itu bermula dari kadus dan diteruskan ke kepala desa, dari pemerintah desa ke Dinas sosial kabupaten hingga ke kemensos. Setidaknya yang diduga istri perangkat desa yang menerima BLT agar bisa di alihkan bagi yang kurang mampu.

Sebagaimana surat ederan yang disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara tingkat l, Zul Makmur Telaumbanua, S,Pd.

Bahwasanya, Sehubungan dengan akan dilakukannya penyaluran Bantuan Sosial Sembako(BSS) dan Bantuan Langsung Tunai(BLT) BBM dari kementerian sosial Republik Indonesia di kabupaten Nias Utara adapun beberapa hal yang disampaikan sebagai berikut,

1. Penyaluran Bantuan Sosial Sembako (BSS) dan Bantuan Langsung Tunai(BLT) BBM kepada masyarakat penerima manfaat akan dilaksanakan pada bulan september sampai dengan oktober 2022 melalui PT Pos Indonesia(Persero).

2. Diharapkan segera melaporkan ke Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara jika terdapat keluarga penerima manfaat(KPM) yang PNS/TNI/POLRI/Pensiunan/Pegawai BUMN/BUMD/Perangkat Desa/Meninggal Dunia Tunggal(tidak ada anggota keluarga) dan tenaga honorer yang memiliki pendapatan tetap agar kita sampaikan ke PT Pos Indonesia(Persero) untuk digagalkan bayarkan(terlampir daftar penerima manfaat).

Surat edaran yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara tingkat l, Zul Makmur Telaumbanua, S,Pd, M,Si, hal ini tidak diperdulikan perangkat desa yang bertugas di desa Sisarahili kecamatan Namehalu Esiwa Nias Utara.

Laporan: Herman Harefa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER