SHARE NOW

Menu Idul Adha, Begini Resep Tumis Daging Bumbu Ketumbar, Rekomendasi Para Ibu-ibu

Menu Idul Adha, Begini Resep Tumis Daging Bumbu Ketumbar, Rekomendasi Para Ibu-ibu.

 

 

 

 

 

TVNYABURUH.COM | Sebentar lagi umat muslim akan menyambut Idul Adha. Sembari menunggu, gak ada salahnya kamu mencari resep yang cocok untuk mengolah daging kurban. Kalau gak ingin ribet saat mengolah daging kurban, kamu bisa memasaknya dengan cara ditumis.

Nah, ada resep tumis daging bumbu ketumbar yang bisa kamu praktikkan. Daging yang digunakan adalah daging sapi dan bumbunya cukup simpel. Yuk, masak untuk menu Idul Adha nanti!

Bahan Tumis Daging Bumbu Ketumbar :

  1. 500 gram daging sapi
  2. 2 sdt ketumbar butiran
  3. 1 sdt kaldu bubuk sapi
  4. 1 sdt garam
  5. 1/4 sdt baking soda
  6. 5 sdm kecap manis
  7. 5 siung bawang merah
  8. 4 siung bawang putih
  9. 1 batang daun bawang, iris

Cara Membuat :

  • Cuci bersih daging sapi dengan air mengalir. Gosok ringan permukaan daging agar tidak ada kotoran yang menempel. Tiriskan sebentar.
  • Ambil talenan, lalu potong daging sapi menjadi kecil-kecil. Kamu juga bisa mengiris daging sapi tipis supaya bumbunya lebih mudah meresap.
  • Masukkan daging sapi yang sudah dipotong ke dalam wadah atau mangkuk besar. Haluskan terlebih dahulu ketumbar, lalu masukkan ke dalam wadah berisi daging sapi dan aduk sampai rata.
  • Bumbui lagi daging sapi dengan kecap manis, kaldu bubuk rasa sapi, garam, dan tambahkan secukupnya baking soda. Aduk hingga bumbu merata.
  • Marinasi daging sapi di dalam kulkas agar bumbunya lebih gampang meresap. Diamkan selama kurang lebih 25—30 menit.
  • Setelah mencapai waktu yang ditentukan, keluarkan daging sapi yang dimarinasi. Tunggu selama beberapa saat hingga suhu dinginnya berubah normal.
  • Sambil menunggu daging sapi didiamkan, kupas bawang putih dan bawang merah dan cuci sampai bersih. Cincang kedua bumbu tersebut hingga hancur.
  • Setelah itu, ambil wajan dan panaskan sedikit minyak di dalamnya. Kalau sudah panas, masukkan bawang putih dan bawang merah ke dalamnya. Aduk dan tumis hingga layu serta bumbu matang.
  • Tuangkan daging yang sudah dimarinasi tadi. Aduk lagi sampai daging dan bumbu tercampur merata. Masak hingga warna daging berubah sedikit pucat.
  • Tuangkan sedikit air matang ke dalam tumisan. Aduk sebentar, lalu kecilkan apinya. Tutup wajan dan masak tumis daging hingga air menyusut dan meresap.
  • Setelah daging dirasa sudah matang, taburi irisan daun bawang ke dalam masakan. Aduk sebentar sampai daun bawang layu, lalu angkat dan pindahkan ke piring saji.
  • Tumis daging bumbu ketumbar yang gurih dan lezat siap untuk disajikan.

Tips Memasak Tumis Daging Bumbu Ketumbar

  1. Daging yang cocok untuk dijadikan tumisan sebenarnya adalah bagian has dalam. Namun, jika menggunakan daging kurban yang tidak tahu bagian apa yang didapat, kamu dapat membaluri daging dengan parutan jahe dan mendiamkannya selama 30 menit sebelum diolah. Enzim proteolitik pada jahe mampu membuat daging empuk.

2. Jika suka masakan pedas, tambahkan irisan cabai rawit ke dalam tumisan daging. Kamu bisa juga menambahkan sedikit cabai bubuk. Jika menggunakan cabai bubuk, jangan terlalu banyak, karena pedasnya cukup merata dan tajam.

Bagaimana, gak perlu ribet-ribet lagi dalam mengolah daging sapi yang didapatkan saat kurban, kan? Cukup ditumis dengan bumbu sederhana saja sudah enak banget, lho. Dimakan bareng nasi putih bisa bikin nambah berkali-kali.

Editor: Ahmad Jais

Sumber: IDNtimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER