SHARE NOW

Menolak PHK Sepihak, FSPMI Sidoarjo Gelar Aksi di Pabrik Saos PT Tamarin Indah

SIDOARJO|Tvnyaburuh.com – Menolak Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak (PHK), puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Sidoarjo terlihat menggeruduk PT Tamarin Indah yang beralamat di jalan Jl. Raya Trosobo No.21, Ngampel, Tanjungsari, Kec. Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (22/9/2021).

Dalam orasinya, Koordinator aksi, Suyatno mengatakan bahwa aksi para buruh ini merupakan bentuk solidaritas dari perwakilan massa FSPMI yang ada Kabupaten Sidoarjo, terkait buntunya perundingan atas di PHK sepihak terhadap dua orang pekerja oleh pihak perusahaan.

“Kedua pekerja tersebut adalah anggota dari FSPMI, kita minta pihak perusahaan segera mempekerjakan kembali buruh yang di PHK sepihak oleh perusahaan,” teriak Suyatno Diatas mobil komando pengeras suara didepan gerbang perusahaan yang memproduksi kecap saos ini.

Suyatno juga menegaskan, jika tidak ada iktikad baik dari perusahaan, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar mogok kerja di PT Tamarin Indah, hingga sampai tuntutan dipenuhi.

“Bahwa jika tetap tidak ada hasil yang positif maka FSPMI akan mempersiapkan mogok kerja, dengan memasang tenda perjuangan di depan pintu gerbang perusahaan, sampai tuntutan buruh di penuhi,” tegasnya.

Sementara itu, Dewanto selaku salah seorang pengurus FSPMI Sidoarjo dilokasi aksi menyampaikan, bahwa pihaknya telah berupaya untuk melakukan perundingan terkait persoalan tersebut, justru pihaknya menduga pihak perusahaan sedang melakukan pemberangusan serikat pekerja, dimana terbukti ada anggota FSPMI yang di PHK Perusahaan dengan alasan Efisiensi, justru diwaktu yang sama pihak perusahaan juga merekrut karyawan baru.

“Saat itu manajemen melalui kuasa hukumnya menyatakan tetap akan memPHK karena adanya efisiensi karyawan,namun pihak FSPMI menyatakan punya bukti bahwa perusahaan baru saja memasukkan karyawan baru sehingga diindikasikan perusahaan tidak menginginkan adanya Serikat Pekerja di perusahaan,” ungkap Dewanto yang masih berharap pada pihak manajemen perusahaan kembali memperkerjakan anggota FSPMI yang di PHK sepihak tersebut.

Pantaun awak media ini, aksi ini diikuti puluhan massa aksi yang hadir dari berbagai lokasi di Kabupaten Sidoarjo, aksi ini dimulai dari pukul 07.00 hingga 11.00 WIB.

Hingga berita ini ditayangkan, tuntutan para buruh belum dipenuhi oleh pihak manajemen perusahaan.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER