SHARE NOW

Manager PKS PT Lonsum Gunung Melayu Akhirnya Meminta Maaf Atas Makian dan Cacian Lecehkan Profesi Wartawan Via Whatsapp

ASAHAN | TVNYABURUH — Adanya cacian dan makian yang di lakukakan kepada Wartawan Media TVnyaburuh melalui Via Whatsapp berikut melibatkan nama Wartawan di Kabupaten Asahan tentunya menjadi bahan perbincangan di kalangan para jurnalis di Asahan.

Sebagai insan pers berikut istilah “satu pena” merupakan hal yang sangat melekat dalam dunia jurnalistik. Dengan adanya laporan tentang makian wartawan dengan salah satu pimpinan di sebuah perusahaan ke Polsek Bandar Pulau Kabupaten Asahan adalah hal yang wajar, selaku Kamtibnas wilayah untuk memberikan forum mediasi agar duduk perkaranya jelas.

Atas upaya ini, pada tanggal 5/11/2022 di dampingi personil Polsek Bandar Pulau di kantor kebun PKS PT Lonsum terjadi mediasi. Hariadi selaku Manager, menjelaskan tentang kesalahaannya berikut alasan beliau memaki itu. “saya mohon maaf bang, bukan bermaksud menghina Wartawan yang ada di Asahan. Saya pikir abang bukan wartawan karna pesan di Whatsapp selalu saya hapus. Saya pikir abang orang yang mengerjai saya saja. Soalnya seharusnya arah konfirmasi itu ke kebun unit bang,bukan ke saya. Begitupun saya mohon maaf bang kepada seluruh Wartawan, terkhusus redaksi Tvnyaburuh. Dan kalau pun saya tidak ada iktikad baik nomor abang pasti saya blokir”.

Dengan adanya permohonan maaf ini berdasarkan arahan Pimpinan Redaksi Tvnyaburuh, hal yang di lakukan Hariadi selaku Manager telah di maafkan.

“Manusia itu penuh dengan yang namanya khilaf, ada kesalahannya, lalu orang itu minta maaf, ya kita maafkanlah, walau cacian dan makian ini bukan hal yang sepele bagi profesi wartawan, setidaknya kita punya kode etik sebagai profesi wartawan untuk memaafkan, ya.. nggak seharusnya juga permasalahan ini dibesar-besarkan”. Ujar Ahmad Jais Sembiring sebagai Pimpinan Redaksi Tvnyaburuh, dan juga sebagai Kepala Bidang Profesi Etika dan Wartawan di Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPD PWRI Sumut) saat dikonfirmasi via whatsapp.

Adanya kejadian dari hal ini berikut upaya yang di lakukan pihak Polsek, menjadi sebuah pembelajaran. Perlunya di lakukan upaya komunikasi, agar resiko yang dapat merugikan pihak manapun dapat di minimalisir.

Laporan : Syahri Al Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER