SHARE NOW

Kepala BIN Sebut 2023 Tahun Gelap, Minta Seluruh Kepala Daerah Berhati-hati

JAKARTA – Kepala Badan Intelijen Negara ( BIN ), Jenderal (Purn) Budi Gunawan menyebut permintaan telah mendapat data dari intelijen dunia yang menyebut 2023 bakal menjadi tahun yang “gelap”. Hal itu terjadi lantaran tahun 2023 dihantui dengan ancaman adanya resesi hingga inflasi yang dapat berdampak pada banyak sektor dan lingkup masyarakat.

” Foresight dari intelijen dunia menggambarkan bahwa tahun 2023 sebagai tahun yang gelap dan penuh dengan perbudakan. Kata intelijen disebut winter is coming , ada juga yang menggambarkan bahwa tahun 2023 adalah tahun yang dihantui oleh resesi ancaman dan inflasi,” ujar Budi dalam keterangannya, Jumat, 20 Januari 2023. 

Minta kepala daerah bersiap

Budi menyebutkan dampak dari inflasi akan berpengaruh sampai ke daerah. Apalagi Budi menyebut sektor ekonomi rumah tangga di sudut-sudut kota, di kabupaten, hingga ke pelosok desa bakal terasa dampak resesi ini. Oleh karena itu, Budi Gunawan mengimbau agar para kepala daerah di Indonesia bersiap akan dampak yang mungkin saja dirasakan dan mengganggu kehidupan masyarakat.

an analisis intelijen ada potensi ancaman, pertama adalah perang Rusia Ukraina , diprediksi masih akan berlangsung lama. Diperparah dengan munculnya potensi penggunaan senjata nuklir. Perang kedua negara tersebut telah mengganggu pasokan energi dan pangan dunia,” kata Budi. 

Lebih lanjut, jenderal bintang empat itu menjelaskan gelapnya tahun 2023 juga diperparah dengan kondisi geopolitik Cina dan Taiwan yang akan terus memburuk. “Kondisi geopolitik China dan Taiwan juga akan semakin memprihatinkan.

#tim

One thought on “Kepala BIN Sebut 2023 Tahun Gelap, Minta Seluruh Kepala Daerah Berhati-hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER