SHARE NOW

Kegiatan Pemeriksaam Ibu Hamil Berstatus Inovasi Puskesmas yang Diberi Nama “BUNDA” di Desa Medan Senembah.

TANJUNG MORAWA | TVNYABURUH —
Kegiatan pemeriksaan kesehatan ibu hamil disetiap desa-desa yang ada di kecamatan Tanjung Morawa, ini pertamakalinya dilakukan di Puskesmas Pembantu Medan Senembah pasar 15 Tanjung Morawa. Kegiatan berstatus Inovasi Puskesmas yang diberi nama “BUNDA” Budaya Cinta Ibu dan Anak, dan sebelumnya kegiatan ini juga dilakukan hal yang sama di desa limau manis.

Kegiatan ini guna memantau kesehatan ibu hamil dari awal positif kehamilan sampai dengan persalinan, para ibu hamil ini sudah di skrining kesehatan lalu digabungkan ke grup Whatsapp dan seterusnya akan dipantau lewat grup Whatsapp oleh Dokter, Bidan, Unsur Desa, dan para ibu hamil didalam grup Whatsapp tersebut.

Grup Whatsapp ini gunanya untuk menyampaikan keluhan, ataupun curhatnya para ibu hamil dalam kesehariannya, curhat tentang bagaimana kondisi daripada ibu hamil itu, sehingga itu bisa ditangani dengan segera artinya bahwa keluhan ini diketahui tim sejak awal dari oada masa kehamilan sampai dengan persalinannya pada akhirnya melahirkan di puskesmas dalam keadaan yang baik.

Baju putih kanan tengah, kepala puskesmas dr. H. Budi Afriyan, M.Kes. dan kiri tengah, Jasri kepala desa medan Senembah.foto

Inilah program yang dilakukan Puskesmas Tanjung Morawa sejak awal kehamilan untuk menjaga dan mengawal para ibu hamil, yang pada akhirnya, ini juga langkah awal salah satu program pemerintah pusat dalam hal pencegahan awal dan pencegahan Stanting.

“Data ibu hamil yang ada sekarang ini itu akan dimasukan kedalam Aplikasi Ecoworld, Ecoworld ini adalah suatu aplikasi dari pemerintah, itu yang isinya tentang karakteristik dari kesehatan si ibu hamil itu, ketika ibu ini melakukan berobat di rumah sakit di luar kota dan memiliki aplikasi ini bisa dilayani dimanapun dia berada , Peserta awal ini, kita melihat target untuk desa ada ibu hamil, sasarannya untuk desa ini targetnya 168 orang tapi kita mulai bertahap, karna kapasitas alat USG ini kemampuannya 40 sampai 50 orang supaya alat USG bisa stabil, jadi ini kita terus evaluasi, karna program ini baru kita jalani, inovasi yang baru, supaya bisa kita harapkanlah ibu ibu hamil terpantaukan lah sejak dini”. Jelas dr. H. Budi Afriyan, M.Kes.

“Hari ini pemeriksaan ibu ibu hamil yang ada di desa medan senembah, kami data dan diperiksa kehamilannya di USG melalui para medis, kami sudah informasikan beberapa hari yang lalu, bahwasanya di desa Medan Senembah akan diadakannya pemeriksaan ibu hamil, harapan saya, ibu-ibu hamil ini mudah-mudahan sehat dan bisa kita pantau dapat kita perhatikan sehingga ketika melahirkan tidak ada masalah”. Terang Jasri Kepala Desa Medan Senembah.

Antusias masyarakat desa medan senembah terlihat begitu senang dengan adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh tim medis dari Pusat Kesehatan Masyarakat kecamtan tanjung morawa.

Laporan: A.jais

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER