SHARE NOW

Kawal Sidang UU Cipta Kerja di MK, Besok Buruh KSPI Gelar Demo Diberbagai Daerah

JAKARTA| Tvnyaburuh.com – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi demo di depan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Balai Kota DKI Jakarta besok, Kamis (25/11).

Presiden KSPI Said Iqbal mengungkapkan aksi tersebut merupakan bagian dari pengawalan keputusan MK terkait gugatan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker). Said mengklaim puluhan ribu hingga ratusan ribu massa akan dikerahkan esok hari.

“Aksi ini serempak melibatkan puluhan ribu sampai ratusan ribu orang dan merupakan eskalasi buruh yang naik, istilahnya marahnya sudah di atas ubun-ubun ini,” ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (24/11/2021) dilansir dari cnnindonesia.com.

Tidak hanya di ibu kota, sejumlah daerah juga akan melancarkan aksi demonstrasi serupa. Kantor gubernur dan bupati/wali kota akan menjadi titik aksi para pendemo.

Ia mengatakan massa akan mengawal putusan MK terkait UU Ciptaker yang telah digugat sejak tahun lalu oleh konfederasi buruh. Gugatan yang dilayangkan meliputi uji formil dan uji materiil terhadap UU tersebut.

Terkait uji formil, pihaknya yakin hakim mahkamah akan mengabulkan gugatan para buruh. Pasalnya, secara prosedural pembentukan hingga pengesahan UU tersebut dinilai cacat hukum.

Prosedur yang dimaksud tidak sesuai dengan UU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Sementara itu, secara uji materiil, Said mempertanyakan posisi MK yang akan mengumumkan uji materiil di hari yang sama dengan pengumuman uji formil.

Menurutnya, hingga saat ini, uji materiil masih belum tuntas. “Bagaimana mungkin, uji materiil yang belum selesai akan diambil keputusannya, karena uji materiil belum masuk pemeriksaan berkas perkara,” ucapnya.

Bahkan, uji materiil baru saja memasuki tahap mendengarkan keterangan dari DPR dan pemerintah. Namun demikian, jika uji formil mengabulkan tuntutan buruh, maka ia meminta untuk mencabut uji materiil yang ada.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER