SHARE NOW

Kadisnaker Sumut Akan Bangun Balai Latihan Kerja, SP/SB Siap Dukung

Medan, Tvnyaburuh.com – Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara (Disnaker Sumut) menggelar acara dialog dengan seluruh elemen Serikat Pekerja / Serikat Buruh se Sumut,, yang digelar di Hotel Saka Jalan Ring Road Medan.

Dialog yang dibuka langsung oleh Kadisnker Sumut H Baruddin Siagian , dalam sambutanya mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi dengaan elemen SP/SB demi terciptanya hubungan Industrial yang harmonis di Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumatera Utara berkomitmen untuk menciptakan buruh yang bermartabat , Bahrudiin juga menyampaikan visi misi bapak Gubernur Sumut .

” Kita Disnaker harus berdiri untuk tenagakerja akan tetapi bukan juga musuh bagi para pengusaha, semua harus harmonis sehingga iklim usaha dan dunia kerja sinergi berjalan dengan baik” buka Baharuddin di aula pertemuan hotel Saka. Senin (5/4/2021).

Dihadapan 27 Pimpinan SP/SB Sumut, Baharuddin juga menyampaikan komitmen Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi untuk kaum buruh yakni menciptakan buruh Sumut yang Bermartabat. 

Ia juga mengatakan dibawah nahkodanya , Disnaker Sumut akan menciptakan pekerja yang handal dan berkualitas ekspor kelak banyak tenaga kerja yang telah siap bekerja baik untuk dalam Negeri (lokal ataupun untuk permintaan luar Negeri , hal ini tentunya harus didukung dengan sarana dan prasarana yang menunjang yakni Badan Latihan Kerja (BLK) dan fasilitas lainya.

” Untuk itu, saya sudah ajukan ke Gubernur terkait BLK, dan beliau setuju, mungkin 2021 ini master planning nya 2022 sudah mulai dikerjakan, sehingga ada warisan dari era Sumut bermartabat untuk kaum buruh kedepannya” papar mantan Kadispora Sumut ini.

Terkait hal itu, Lanjut Baharuddin, pihaknya berharap dukungan SP/SB Sumut yang memiliki peran sangat penting dalam pendirian BLK nantinya.

” Kemungkinan BLK Center Sumut nanti di daerah Sibolangit, nanti selain BLK kita akan buat hotel untuk wisata dan lain sebagainya, karena wilayah itu juga dekat dengan banyak tempat tujuan wisata” papar Bahrudin.

Baharuddin juga berpesan kepada elemen buruh untuk tetap membangun komunikasi yang baik dengan pihaknya, karena dengan komunikasi semua bisa di selesaikan. Masalah masalah ketenagakerjaan di Sumut juga kata Baharuddin , pelan pelan sudah mulai diselesaikan oleh jajajarannya melalui sinergi komunikasi yang baik.

” Kedepan para pimpinan SP/ SB juga sudah kita jadwalkan agar dapat silaturahmi dan komunikasi dengan bapak Gubernur, mungkin dalam waktu dekat kita jadwalkan segera ada pertemuan, kalau bisa kita buat jadwal rutin tri Wulan sekali, begitupun melihat keluangan waktu pak gubernur ” tutup Baharuddin sekaligus membuka acara.

Menanggapi hal ini Ketua Konfederasi SPSI Sumut , CP Nainggolan mewakili elemen buruh yang hadir menyambut baik rencana Kadisnaker Sumut untuk membuat BLK Center , hal ini tentunya akan meningkatkan daya saing dan SDM Tenagakerja di Sumut.

Begitupun, lanjut CP Nainggolan, alangkah baiknya, dalam dialog ini dapat menginfentaris kasus ketenagakerjaan yang sedang di alami oleh elemen SP SB yang Hadir.

” Bagaiman kita bisa bersama SP SB dengan jajaran Kadisnaker Sumut untuk menuntaskan persolan kasus buruh yang sudah berlarut diantrannya kasus PT.Starindo Prima di Tanjung Morawa yang sudah 8 tahun belum selesai” ungkapnya.

Begitupun, CP Naingolan, kagum dengan sosok Kadisnaker Sumut saat ini, pola komunikasi nya baik dengan SP / SB di Sumut. 

” Kita harus apresiasi, dibawah pimpinan Kadisnaker Sumut saat ini, beliau selau mengingatkan anggotanya jangan ada SP/SB yang tidak diundang dalam kegiatan apapun di Disnaker Sumut” tutup CP Nainggolan.

Usai memberikan kata sambutan, kegiatan dialog SP/SB di isi dengan sosialisasi peningkatan Sumber Daya Masyarakat (SDM) oleh Nara sumber.

Kegiatan dialog ini dihadiri sekitar 27 SP/SB di Provinsi Sumut dan keseluruhan perwakilan buruh kompak dukung program Kadisnaker Sumut mewujudkan Balai Latihan Kerja Center di Sumut.

#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER