SHARE NOW

Hotel Grand Inna Bali PHK Karyawan 381 Orang” selengkapnya di sini

JAKARTA | TVNYABURUH — Grand Inna Bali Beach (GIBB) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 381 orang karyawan karena merugi akibat pandemi covid-19. Direktur ESDM Hotel Indonesia Natour Yayat Hidayat mengatakan sejak awal pandemi covid-19 pada 2020, kondisi perusahaan PT Hotel Indonesia Natour yang mengelola GIBB terus menurun.

Tercatat sejak Desember 2020 kerugian telah mencapai Rp5 miliar hingga Rp6 miliar per bulan.
“Sejak pandemi covid-19 di 2020, kondisi perusahaan menurun dan mungkin itu dialami juga hampir seluruh perusahaan yang bergerak di pariwisata. Dari Desember 2020, kami sudah merugi dan defisit Rp5 miliar hingga Rp6 miliar per bulan sampai dengan sekarang,” kata Yayat Hidayat (58) seperti yang dilasir dari detik.com, Jumat (29/7),

Ia mengatakan PHK juga dilakukan karena ada dua klaster hotel yang sedang mengalami renovasi, sehingga tidak ada pemasukan.

Yayat menjelaskan kebijakan PHK ini sebetulnya sudah direncanakan sejak 2020 namun baru direalisasikan tahun ini.

Menurutnya, keputusan PHK ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti ketentuan Undang-Undang Ketenagakerjaan. Karyawan yang dirumahkan menerima pesangon serta dibekali dengan surat pengalaman kerja.

Yayat menyebut dari 381 karyawan yang terkena PHK, 235 karyawan telah menerima. Sementara, sisanya masih keberatan. Meski demikian, ia mengatakan perusahaan masih membuka kesempatan untuk berkomunikasi mengenai masalah ini.

Yayat menambahkan pihaknya sudah tidak bisa membiayai ratusan pegawai karena ada proyek revitalisasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di sekitar area hotel. Revitalisasi ini direncanakan rampung pada Agustus 2023.

Setelah revitalisasi selesai, sambung Yayat, perusahaan masih memberi kesempatan bagi karyawan yang dirumahkan untuk kembali bekerja. Namun perusahaan tidak bisa menjamin dapat memberikan benefit.

“Kesempatannya ada dan bisa karena nanti di sini juga akan ada KEK Kesehatan yang mana akan ada pengelolaan rumah sakit dan lainnya, sehingga di sana lah peluang-peluang karyawan bisa masuk,” pungkasnya.

#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NEWSTICKER