SHARE NOW

Gema Cita Mendorong PAM JAYA Optimalisasi Pelayanan 100 % Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)

JAKARTA | TVNYABURUH — Ketua umum Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita), Hilman Firmansyah Mendorong Perumda Perusahaan Air Minum (PAM) JAYA Optimalisasi untuk memenuhi target pelayanan 100 persen Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Jakarta pada 2030.

Hilman memaparkan PAM Jaya untuk mencapai pelayanan 100 persen memiliki Program dan strategi yang visioner serta progresif dalam rangka pelaksanaan proses masa transisi.

Hilman menegaskan PAM JAYA dalam mewujudkan 100 persen cakupan layanan SPAM bukanlah hal yang mudah dan ini harus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemprov DKI, Legislatif dan elemen masyarakat.

Aspek yang harus diperhatikan yakni cakupan layanan perpipaan untuk mengganti penggunaan air tanah di Provinsi DKI Jakarta masih terbilang rendah yakni 65,8 persen.

Adapun aspek lainnya dalam penggunaan air tanah yang berlebihan juga perlu diperhatikan seperti penurunan permukaan tanah di Kota Jakarta yang berakibat bagi kondisi lingkungan, masyarakat serta potensi bencana alam yang akan merusak dan timbul korban jiwa.

Kerjasama PAM JAYA dengan dua mitra swasta yakni PALYJA dan AETRA akan berakhir 31 Januari 2023 sehingga PAM JAYA, Pemprov DKI Jakarta serta Dinas teknis dan kementerian butuh persiapan serta kesiapan serta dukungan dari masyarakat luas.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penugasan Kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perusahaan Air Minum (PAM) JAYA untuk melakukan percepatan peningkatan cakupan layanan air minum di Provinsi DKI Jakarta.

Salah satunya dengan melakukan kerja sama dengan Badan usaha melalui optimalisasi aset yang ada saat ini (Eksisting) memakai skema pembiayaan paket yang diakumulasikan (bundling).

Dengan Harapan bukan sisi finansial saja yang ditawarkan tapi sisi pelayanan kepada publik yang juga ditawarkan kepada badan usaha.

Agar tujuan promosi PAM JAYA untuk mendapatkan pemasukan dari investor dalam bentuk kerjasama.

Hilman berharap tidak ada lagi krisis air bersih dan Perumda PAM Jaya dapat mewujudkan 100 persen cakupan Sistem penyediaan air minum (SPAM) bagi seluruh masyarakat Jakarta.

Laporan: HF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER