SHARE NOW

Gema Cita Dorong Heru Budi Penuhi Kebutuhan Air Bersih Murah Bagi Warga Jakarta

JAKARTA | TVNYABURUH — Ketua umum Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita), Hilman Firmansyah mendorong Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar Air bersih murah bagi warga Jakarta.

Hilman menjelaskan negara harus hadir dan menjamin rakyat atas air, yang tertuang dalam Pasal 6 UU Nomor 17 tahun 2019 tentang Sumber Daya Air (SDA), Negara menjamin hak rakyat atas air guna memenuhi kebutuhan pokok minimal sehari-hari bagi kehidupan yang sehat dan bersih dengan jumlah yang cukup, kualitas yang baik, aman, terjaga keberlangsungannya dan terjangkau.

Hilman menegaskan krisis air bersih ini dialami oleh warga ditiga kampung di wilayah Muara Angke Penjaringan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Hilman meminta untuk segera membangun saluran air bersih murah bagi warga yang mengalami krisis air. Pasalnya di wilayah tersebut sejak tahun 1980 tidak pernah ada air bersih.

Warga telah sejak lama menyampaikan aspirasi ini, mereka kesulitan tidak pernah mendapat air bersih di kawasan tersebut sejak tahun 1980.

Adapun tiga kampung yakni perkampungan Blok Limbah, Blok Eceng, dan Blok Empang Muara Angke Penjaringan Jakarta Utara serta Kepulaua seribu sudah sejak lama tidak mendapat air bersih.

masyarakat harus mendapatkan air bersih perpipaan melalui sistem pendistribusian air dari PAM Jaya.

Hilman mendesak agar ketersediaan air bersih ini dapat menyentuh lapisan masyarakat dan dijalankan optimal oleh PAM Jaya selaku BUMD Penyedia Air bersih di DKI Jakarta.

Dengan ketersediaan air bersih murah bagi masyarakat Jakarta, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup sehat dan menjaga kedaulatan air di Jakarta dan lingkungan. Tutup Hilman.

Laporan: HF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER