SHARE NOW

Dana BSU 2022 Dikabarkan Siap Ditransfer ke Karyawan, Ida Fauziyah: Sudah Dialokasikan

JAKARTA | TVNYABURUH — Pemerintah dikabarkan telah mengalokasikan dana BSU 2022. Apakah ini pertanda bahwa uang BSU BPJS Ketenagakerjaan akan ditransfer ke karyawan? simak selengkapnya di sini!

Penantian kabar kapan BSU 2022 cair masih dinantikan oleh kalangan peserta penerima BLT subsidi gaji.

Apalagi, terhitung sejak April lalu hingga saat ini, uang BSU belum cair masuk ke rekening para karyawan, dengan pendapatan di bawah Rp3,5 juta.

Berkaca pada pencairan BSU tahun sebelumnya, dana BSU BPJS Ketenagakerjaan cair jelang akhir tahun. Sehingga banyak yang memperkirakan, bahwa BSU 2022 juga akan cair jelang akhir tahun seperti sebelumnya.

Setelah cukup lama program bansos ini seperti menggantung, kabar terbaru soal BSU 2022 kini datang dari Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Ia menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan penyebab BSU 2022 belum cair.

Ida Fauziyah membeberkan, pihaknya hanya bertugas sebagai penyalur dana BLT saja, sehingga belum bisa memastikan kapan akan dana BSU bisa dicairkan ke rekening para karyawan.

Alasannya, program BSU ini menggunakan dana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), di mana hal tersebut berada di bawah kendali Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian.

Ia menyebut, BSU menggunakan dana di PC-PEN, sehingga pihak Kemnaker hanya akan menunggu exercise-nya seperti apa.

Artinya, dalam hal ini posisi Kemenaker hanya sebagai penyalur dan semua keputusan terkait kapan BSU 2022 cair ada di PC-PEN.

Menaker pun membeberkan, dana BSU 2022 telah dialokasikan. Di mana saat ini, Kemenaker dibantu oleh BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) sebagai pemilik data, masih menyeleksi para pekerja yang berhak menerima.

Jadi saat ini, pihak Kemnaker tinggal menunggu kabar bahwa siapa yang berhak mendapatkan subsidi tersebut. Pihak Kemnaker mengaku hingga saat ini belum mendapat arahan untuk menyalurkan BSU dari Menko Perekonomian.

Adapun BLT subsidi gaji itu senilai Rp1 Juta, dana tersebut akan ditransfer atau disalurkan kepada oara karyawan, dengan berbagai kriteria. Slaah satunya, memiliki pendapatan di bawah Rp3,5 juta.

Perlu diingat, dana tersebut hanya akan disalurkan ke bank Himbara, seperti, BTN, BNI, Mandiri, BRI dan Bank Indonesia Syariah.

Adapun BLT subsidi gaji itu senilai Rp1 Juta, dana tersebut akan ditransfer atau disalurkan kepada oara karyawan, dengan berbagai kriteria. Slaah satunya, memiliki pendapatan di bawah Rp3,5 juta.

Perlu diingat, dana tersebut hanya akan disalurkan ke bank Himbara, seperti, BTN, BNI, Mandiri, BRI dan Bank Indonesia Syariah.

Bila kriteria penerima BSU sama dengan tahun lalu, maka inj adalah 7 kategori karyawan yang bisa terima BSU BPJS Ketenagakerjaan.
 

1. WNI

2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

3. Penerima upah

4. Gaji maksimal Rp3,5 juta

5. Kerja di sektor yang terdampak pandemi covid-19

6. Bukan ASN, TNI, Polri

7. Bukan penerima bantuan

Diberitakan sebelumnya, ada 3 hal yang menjadi sebab kenapa BSU 2022 belum cair hingga saat ini.

Pertama, pada Mei 2022 masih dilakukan penyusunan regulasi oleh pemerintah, untuk penyaluran dana tersebut.
 

KeduaBPJS Ketenagakerjaan yang merupakan mitra penyedia data mendukung kebijakan BSU 2022 masih mempersiapkan data penerima, sesuai dengan Kriteria yang diatur dalam regulasi terbaru oleh Kemnaker.

Ketiga, pihak terkait tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan dan sekaligus menyusun regulasi teknis penyaluran oleh Pemerintah.

Sehingga bila semua tahapan tersebut telah selesai, maka penyaluran dana BSU 2022 akan dilakukan melalui bank Himbara, di antaranya BTN, Mandiri, BNI, BRI dan Bank Indonesia Syariah (khusus wilayah Aceh).

Demikian artikel mengenai kabar dana BSU 2022 yang sudah dialokasikan, serta tanggapan Kemnaker yang belum menerima arahan Kemenko untuk menyalurkan dana BSU BPJS Ketenagkerjaan.

#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER