SHARE NOW

Daftar Perusahaan PHK Karyawan pada Pekan Ini

JAKARTA | TVNYABURUH.COM — Sejumlah perusahaan tengah melakukan PHK di anasnya ekonomi global. PHK tak hanya dilakukan perusahaan dalam negeri melainkan juga luar negeri.
Terbaru, perusahaan jual mobil, Carsome diisukan akan melakukan PHK dalam waktu kurang dari 24 jam di unit usahanya di Malaysia. Meski demikian, belum ada rincian berapa jumlah karyawan yang bakal dihentikan.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, Jumat (30/9), setidaknya ada 3 perusahaan yang melakukan PHK di pekan ini. Alasannya beragam, salah satunya efisiensi penyesuaian bisnis.

Berikut daftar perusahaan yang melakukan PHK pekan ini:

1. Shopee
Shopee Thailand melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 10 persen dari total karyawan di negara tersebut. Dilansir dari The Thaiger, Kamis (29/9), jumlah orang yang terkena PHK sebanyak 100 orang. Shopee melakukan PHK untuk restrukturisasi perusahaan.

Manajemen perusahaan teknologi multinasional Singapura itu mengatakan restrukturisasi dilakukan guna meningkatkan efisiensi operasional untuk membuat perusahaan lebih gesit dan mampu mengembangkan pertumbuhan jangka panjang.

Shopee telah merestrukturisasi bisnisnya di banyak negara pada 2022. Hal itu dilakukan untuk membuat perusahaan lebih mandiri.

Tercatat dalam dua tahun terakhir Shopee menutup bisnisnya di Argentina, India, dan Prancis. Selain itu, Cabang di Chili, Kolombia, dan Meksiko juga memberhentikan sebagian besar karyawan mereka. Terbaru, e-commerce ini juga telah memangkas 10 persen karyawan di China dan 3 persen di Indonesia pada tahun ini.

2. SoftBank
Softbank Group Corp Jepang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 150 karyawan di unit Vision Fund dan SoftBank Group International.

Mengutip Reuters, Jumat (30/9), CEO Masayoshi Son melakukan PHK terhadap ratusan karyawan karena perusahaan merugi atas investasinya ke sektor teknologi.

Hal ini sejalan dengan rencana manajemen untuk memotong biaya operasional di unit Vision Fund karena merugi hingga US$50 miliar selama semester I 2022. Kebijakan yang sama berlaku di SoftBank Group International. Unit usaha itu juga memotong biaya operasional karena terus merugi.

Sementara, seorang sumber mengatakan keputusan PHK akan mempengaruhi sekitar 30 persen karyawan di unit Vision Fund dan SoftBank Group Internasional.

Sumber lain menyatakan PHK akan mempengaruhi karyawan yang berada di divisi investasi, keuangan, dan hukum. Sejauh ini, SoftBank telah menjual sahamnya di aset utama Alibaba Group Holding Ltd.

3. Carsome
Terbaru, perusahaan jual beli mobil, Carsome, akan memutus hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawan karena alasan efisiensi.

Dikutip dari techwireasia, Jumat (30/9), perusahaan yang mempunyai unit usaha di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura ini dikatakan akan mengurangi karyawan di cabang negeri Jiran.

PHK ini dilaporkan akan dilakukan kurang dari 24 jam ke depan. Sebelumnya, Carsome juga dikatakan telah mengurangi karyawan di cabang Thailand.

Namun, dalam laporan yang dikutip belum disebutkan secara rinci berapa jumlah karyawan yang bakal di PHK.

#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER