SHARE NOW

Cara Cek Real Count KPU: Link Website Resmi & Penjelasannya

Cara Cek Real Count KPU: Link Website Resmi & Penjelasannya

 

 

 

SUMATERA UTARA | Setelah hasil quick count Pemilu 2024 diumumkan kemarin, warga RI kini menunggu data real count yang dikumpulkan oleh KPU. Penduduk Indonesia bisa memantau langsung pergerakan real time data real count di website resmi KPU.

Data real time KPU bisa dipantau di website resmi KPU di alamat bawah ini:

https://pemilu2024.kpu.go.id/

Atau langsung klik link berikut.

Sebagai informasi, proses perhitungan suara Pemilu 2024 akan berlangsung selama dua hari. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan KPU RI Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 bahwa proses perhitungan suara akan berlangsung pada hari Rabu, 14 Februari 2024 hingga Kamis, 15 Februari 2024.

Dalam proses perhitungan ada tiga istilah yang sering didengar yaitu real count, quick count, dan exit poll. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Quick Count, Real Count, dan Exit Poll

Apa itu exit poll?
Exit poll merupakan metode survei dengan cara menanyakan secara langsung kepada pemilih setelah meninggalkan TPS. Sampel lantas ditentukan untuk menggambarkan populasi. Hasil exit poll bisa diketahui lebih lekas ketimbang hasil resmi. Sebab, sumber data adalah wawancara pemilih.

KPU telah menegaskan bahwa hasil penghitungan suara menggunakan metode exit poll tidak bisa jadi acuan hasil pemilihan. Penegasan itu disampaikan mengomentari exit poll pemilihan di luar negeri yang beredar beberapa waktu lalu.

 

#Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER