SHARE NOW

Bukan Nanas dan Daun Pepaya, 2 Bumbu Marinasi Ini Bikin Daging Sapi Jadi Lembut di Hari Idul Adha 1445H

Bukan Nanas dan Daun Pepaya, 2 Bumbu Marinasi Ini Bikin Daging Sapi Jadi Lembut di Hari Idul Adha 1445H

 

 

 

 

TVNYABURUH.COM | Mengolah daging sapi membutuhkan keahlian tersendiri. Jika dimasak terlalu lama, rasanya bisa menjadi hambar. Sebaliknya, jika dimasak terlalu singkat, teksturnya akan keras.

Selain metode perebusan yang memakan waktu lama, daging sapi bisa diempukkan dengan marinasi menggunakan nanas atau daun pepaya. Kedua bahan ini dikenal efektif untuk membuat daging sapi lebih lembut.

Namun, ada dua bahan alternatif lainnya yang juga bisa mengempukkan daging sapi selain nanas dan daun pepaya. Bahan-bahan ini digunakan oleh seorang YouTuber bernama Indoculinaire Hunter. Berikut adalah langkah-langkah yang dirangkum pada Kamis (13/06/2024).

Taburkan Bumbu Marinasi

Letakkan potongan daging sapi dalam sebuah mangkuk. Tambahkan merica bubuk dan ketumbar bubuk masing-masing sebanyak satu sendok teh pada daging. Selain itu, tambahkan juga bumbu-bumbu berikut:

● 1 sendok makan bawang putih yang sudah dihaluskan.

● ½ sendok makan jahe yang sudah dihaluskan.

● 3 sendok makan kecap asin.

Setelah seluruh bumbu marinasi ditaburkan pada daging, langkah berikutnya adalah mengaduknya dengan tangan agar bumbu-bumbu tersebut merata dan meresap sempurna ke dalam daging.

Pemilik saluran ini juga menyampaikan bahwa meski tanpa tambahan bumbu sate, daging sapi akan tetap enak dengan menggunakan marinasi ini.

Setelah diaduk merata, tutup mangkuk menggunakan plastik. Pastikan penutupan mangkuk sempurna sehingga daging tidak terkena udara. Simpan daging sapi dalam kulkas dan biarkan setidaknya selama tiga puluh menit.

Daging Sapi Jadi Sangat Empuk

Setelah setengah jam, keluarkan daging sapi dari kulkas dan lepaskan penutup plastik dari wadah. Pada saat ini, bumbu marinasi sudah meresap sempurna dan daging menjadi empuk, siap untuk dimasak.

Pemilik saluran Indoculinaire Hunter akan menyiapkan sate menggunakan daging sapi ini. Potongan daging bisa langsung ditusukkan ke tusuk sate untuk kemudian dipanggang.

Apa Itu Marinasi Daging?

Marinasi melibatkan proses merendam potongan daging dalam campuran larutan yang mengandung garam, berbagai tingkat konsentrasi, rempah-rempah, asam organik, serta bahan-bahan herbal.

Berapa Lama Marinasi Daging Sapi?

Durasi marinasi dipengaruhi oleh jenis, bagian, dan potongan daging yang digunakan. Potongan daging yang halus seperti tenderloin dan sirloin hanya memerlukan sekitar 30 menit. Namun, untuk daging yang lebih keras, waktu marinasi minimal 3 jam dan maksimal 24 jam.

Bahan Apa yang Digunakan untuk Marinasi?

Komponen bahan marinasi yang memiliki sifat antibakteri meliputi lengkuas, jahe, serai, bawang putih, jeruk nipis, dan jintan. Penggunaan rempah-rempah ini juga berperan dalam mengurangi residu kimia pada daging, meningkatkan keamanan pangan bagi konsumen.

Apa Tujuan Marinasi?

Tujuan utama dari proses marinasi adalah untuk meningkatkan cita rasa di seluruh bagian daging. Oleh karena itu, penting untuk memberikan waktu yang cukup agar bumbu marinasi dapat meresap sepenuhnya ke dalam daging.

Mengapa Daging Steak Harus Dimarinasi Terlebih Dahulu Sebelum Dimasak?

Sebelum dimasak, lakukan proses marinasi terlebih dahulu pada daging. Disarankan untuk menggunakan garam saja tanpa tambahan merica atau saus lainnya, mengingat merica bisa membuat daging gosong jika dipanaskan terlalu panas.

 

Editor: Ahmad Jais

Sumber: Female

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER