SHARE NOW

Beredar Video Surat Suara di Taiwan Sudah Dicoblos, KPU: Diduga Hoaks

Beredar Video Surat Suara di Taiwan Sudah Dicoblos, KPU: Diduga Hoaks

 

 

 

TVNYABURUH.COM | (Rabu, 7/1/2024) Video yang menampilkan surat suara di Taiwan sudah dicoblos, beredar viral di media sosial. Video itu diunggah @kabarnegri, dan menimbulkan dugaan adanya kecurangan.

Dalam video tersebut, surat suara di Taiwan tampak sudah dicoblos di foto calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar-Mahfud. “Apa ada kecurangan, apa ada kekeliruan atau gak kesengajaan, dalam pemilihan Surat suara di Taiwan. Tolong klarifikasinya soal ini! Di Taiwan ada 300 ribu WNI, tapi banyak Yg tidak mendapatkan surat suaranya, ibarat hmpir 90 persen yg tidak dapat dan salah satunya saya sendiri tidak dapat. Dan hari ini tadi teman saya dapat surat suara masih segelan sama seperti di vidio, tapi setelah dibuka eh sudah dicoblos,” tulis unggahan itu.

video tersebut telah dikomentari 143 warganet dan disukai 874 pengguna Instagram.

Penjelasan KPU Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyedia surat suara memberi tanggapan terkait video viral tersebut. Komisioner KPU Idham Kholik mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei, Taiwan untuk memastikan dugaan surat suara yang sudah dicoblos itu. “Ketua PPLN Taipei menegaskan bahwa video tersebut diduga kuat terkategori hoaks dan disinformasi,” kata Idham, saat dikutip tvnyaburuh.com dari Kompas.com pada Kamis (18/1/2024).

Foto hasil dari video yang beredar di scringshot

Idham menjelaskan bahwa proses pengemasan surat suara pos yang dimasukkan ke dalam amplop sudah sesuai standar prosedur operasional (SOP). Prosesnya bahkan direkam dengan CCTV dan diawasi oleh pengawas LN Taipei. Saat ini, KPU mengaku tengah berkoordinasi dengan pengawas luar negeri Taipei terkait dugaan tersebut.

KPU kirim surat suara kondisi utuh Di sisi lain, Idham memastikan bahwa pihaknya mengirim surat suara ke luar negeri dalam kondisi utuh. “Semua surat suara yang dikirim oleh PPLN kepada pemilih pos itu dalam kondisi utuh dan tidak ada yang rusak,” tegas Idham. Begitu juga dengan pengemasan dan pengiriman surat suara suara untuk pemilih DPTb Taipei. Pengiriman dan pengemasan surat suara tersebut dipastikan sudah sesuai dengan aturan teknis yang berlaku.

Jubir TPN: Jika benar, silakan lapor Sementara itu, Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Chico Hakim mengatakan, pihaknya masih meragukan kebenaran video viral tersebut. “Kita semua masih meragukan kebenaran dari cerita tersebut,” katanya.

Keraguan itu berasal dari indikasi bahwa surat suara dikirim ke masing-masing pemilih sehingga terasa ganjal. Padahal seharusnya, kata Chicco, surat suara diberikan di tempat pemungutan suara (TPS). Akan tetapi, Chico menyarankan supaya dugaan kecurangan tersebut ditelusuri untuk memastikan kebenarannya. “Kalau memang yang bersangkutan merasa ini adalah benar, ya silakan melapor pada Panwaslu di sana,” tandas dia.

#Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER