SHARE NOW

Baru-Baru ini Dihebohkan Terkait Pemilu 2024 Tentang Menggunakan Kalimat Angket, Inilah Seputar Penjelasan, Pengertian Angket dan Kuesioner

Baru-Baru ini Dihebohkan Terkait Pemilu 2024 Tentang Menggunakan Kalimat Angket, Inilah Seputar Penjelasan, Pengertian Angket dan Kuesioner.

 

 

 

 

TVNYABURUH.COM | (Sabtu, 24/2/2024). Pada umumnya tujuan angket atau kuesioner penelitian adalah untuk memperoleh data dan latar belakang suatu individu atau kelompok yang digunakan untuk sampel penelitian. Untuk menghimpun sejumlah informasi-informasi yang relevan dengan kepentingan penelitian yang dilakukan.

Angket berbentuk deretan daftar pertanyaan yang diajukan oleh pihak peneliti kepada responden untuk memuat atau mengumpulkan data. Sementara, kuesioner umumnya dibuat dalam bentuk daftar yang berisi pertanyaan dengan sejumlah jawaban dan harus dikerjakan oleh responden.

Apa itu angket menurut para ahli?

Menurut para ahli, bahwa angket atau kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab.

Apa perbedaan angket dengan kuesioner?

Angket adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh responden. Angket merupakan kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden tentang diri pribadi atau hal-hal yang ia ketahui.

Kuesioner adalah teknik pengumpulan data dengan cara peneliti memberikan daftar pertanyaan atau pernyataan yang tertulis untuk dijawab oleh responden. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pembagian kuesioner secara langsung.

Angket dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: angket terbuka dan angket tertutup.

Angket terbuka (angket tidak terstruktur) ialah angket yang disajikan dalam bentuk sederhana sehingga responden dapat memberikan isian sesuai dengan kehendak dan keadaanya.

Angket tertutup, yaitu angket yang dibuat berdasarkan alternatif jawaban yang tersedia. Responden tinggal memilih jawaban – jawaban yang sesuai dengan keadaan responden itu sendiri.

Dalam suatu penelitian, pengumpulan data dengan menggunakan angket mempunyai beberapa kelebihan, yaitu:

1. Tidak memerlukan kehadiran peneliti.

2. Dapat dibagikan secara serentak kepada responden.

Kuesioner dan angket apakah sama?

Kuesioner sendiri merupakan istilah lain dari angket, kuesioner adalah suatu bentuk instrumen pengumpulan data yang fleksibel dan relatif sangat mudah digunakan menurut menurut para ahli.

Kuesioner terdiri dari dua bagian, yaitu pertama Identitas dan kedua Pertanyaan. Bagian kedua ini mengandung pertanyaan untuk mendapatkan jawaban dari responden.

Inilah seputar pengertian Angket dan Kuesioner semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

Ditulis: A.jais
Sumber: Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER