SHARE NOW

Willy Agus Utomo : Partai Buruh Sumatera Utara Juga Menolak Presidential Thershold

MEDAN| Tvnyaburuh.com – Ketentuan tentang ambang batas pencalonan Presiden dan Wakil Presiden atau disebut Presidential Thershold akhir-akhir ini ramai digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh para Parpol dan tokoh politik di tingkat nasional.

Menyikapi hal tersebut, Willy Agus Utomo selaku Ketua Partai Buruh Provinsi Sumatera Utara juga menyampaikan, partainya juga menolak pasal 222 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang ambang batas pemilihan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Willy menilai pasal tersebut telah menghilangkan hak konstitusi setiap warga negara untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin bangsa ini.

“Kami Partai Buruh juga menolak Presidential Thershold karena kami anggap itu jauh dari arti demokrasi yang sesungguhnya di harapkan bangsa Indonesia,” ucap Willy Agus Utomo didampingi Sekretaris Partai Buruh Sumut Ijon Tuah H Purba kepada wartawan, Jumat (7/1/2021).

Willy juga mengatakan, bahwa sangat membahayakan negara dengan cara-cara memberlakukan Presidential Threshold dalam sistem pemilihan presiden mendatang, menurutnya dua pemilu sebelumnya pada 2014 dan 2019 lalu yang hanya memunculkan dua pasangan calon.

“Dimana tidak ada saluran rakyat kecil dan elemen marginal untuk memilih diluar dua kandidat presiden, sehingga harapan rakyat untuk merubah nasibnya melalui pangung politik dibelenggu oleh sekelompok birokrat politik dan oligarki politik guna mempertahankan kepentingannya yang dirasakan tidak mensejahterahkan rakyat,” ungkap Willy.

Oleh karena itu, lanjut Willy, Partai Buruh berpendapat demokrasi yang tidak sehat Indonesia adalah karena adanya parlementary threshold.

“Untuk itu kami juga akan menggugat presiden threshold, ikut untuk melakukan judicial review dan meminta menjadi 0 persen,” pungkasnya.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NEWSTICKER