SHARE NOW

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Hari Ini, Jokowi Tidak Bisa Hadir

JAKARTA | TVNYABURUH — Pemerintah dan DPR telah menyepakati Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Jadwal dan dan tahapan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.
Dalam aturan tersebut, tahapan pemilu akan dimulai pada hari ini, Selasa (14/6) dengan agenda perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggara pemilu.

Selain itu, PKPU itu juga mengatur sejumlah proses tahapan Pemilu 2024. Mulai dari proses pendaftaran partai peserta pemilu, verifikasi, durasi masa kampanye, hingga hari pemungutan suara.

Masa kampanye akan dimulai pada 28 November 2023-10 Februari 2024. KPU juga telah menetapkan pemungutan suara digelar pada 14 Februari 2024.

Presiden Joko Widodo awalnya diagendakan untuk menghadiri prosesi pembukaan tahapan Pemilu 2024 yang akan digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat hari ini. Namun, belakangan Jokowi batal untuk menghadiri prosesi tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Namun, Heru enggan mengatakan alasan ketidakhadiran Presiden.

“Pak Jokowi tidak hadir,” kata Heru lewat pesan singkat yang dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (13/6).

Meski jadwal dan tahapan Pemilu 2024 sudah disepakati, namun pemerintah, DPR, dan KPU belum menyepakati usulan final terkait besaran anggaran Pemilu 2024 senilai Rp76,6 triliun. Keputusan soal anggaran akan dibahas kembali lewat rapat konsinyasi pada 14-15 Juni di DPR.

#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NEWSTICKER