SHARE NOW

Sinergi Sukseskan Program Ketahanan Pangan di Propinsi Bali-Nusra, Kodam IX/Udayana lakukan sinergitas dan Kemitraan dengan DPP Santri Tani NU

DENPASAR | TVNYABURUH – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto,SE,MM beserta Ketua Umum DPP Santri Tani NU Datuk T.Rusli Ahmad,SE,MM lakukan buka puasa bersama.Senin(25/4/22)

Kegiatan buka bersama yang dilaksanakan di Mako Kodam IX/Udayana, dimulai dengan rangkaian acara penampilan marawis, pembacaan ayat suci Alquran oleh Bintal Jarai-Dan IX/Udayana, penyerahan santunan kepada anak yatim piatu dan dilanjutkan dengan Kultum, berbuka puasa bersama dan sholat magrib dengan imam Sholat Serma Taufik. Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama dan sinergitas antara Kodam IX/Udayana dengan DPP Santri Tani NU yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP Santri Tani NU T.Rusli Ahmad,SE,MM.

Tampak hadir dalam acara buka bersama tersebut Kasdam, Indam, Kapok Sahli, Asrendam, para asisten Kasdam, Denpom IX/1 Denpasar dan jajaran Kodam IX/ Udayana, dari DPP Santri Tani hadir Komunikolog Indonesia DR Emrus Sihombing, Prof Dr Ir Yos Uly MM, Dini Midiani, Ida Rifda, Zainul Ikhwan, Ustad Fachnurizan,S.Sos, (Padepokan Asma Alif” Ki Aji Segorogeni (ASR) Kii Ageng Satrio Jiwo dan Erick,SH.

WW2

Dalam sambutannya,Ketua Umum DPP Santri Tani NU T.Rusli Ahmad,SE,MM mengatakan,” yang saya hormati Bapak Pangdam IX/Udayana,yang dahulu selalu membina kami masyarakat Riau saat beliau menjadi Danrem 031/Wirabima, Bapak Kasdam dan jajaran serta bapak Prof Yos Uli, DR Emrus Sihombing, Bu Dini, Bu Ida Rifda, Pak Zainul dan tim Media.

“Dalam rangka sinergitas dan kemitraan ini merupakan hal pertama, yang sebelumnya telah kita lakukan di tambak udang di daerah Bengkalis yang dari pendapatan sebelumnya Rp 200 juta/4 bulan, sekarang meningkat menjadi Rp 400 juta dalam 4 bulan. Termasuk jagung yang dari hasil sebelumnya 6 Ton akhirnya meningkat menjadi 12 Ton. Kita juga sudah melakukan di daerah Dompu dengan bekerjasama dengan perusahaan Alibaba perwakilan Indonesia berikan pinjaman Rp 7.500.000/ha untuk setiap petani. Termasuk tanaman kacang yang juga sudah kita jalin kerjasama dengan perusahaan kacang Garuda sebagai pembeli. Oleh sebab itu hal ini tidak terlepas dari bimbingan bapak Pangdam Udayana, yang mana hal ini juga dapat meningkatkan pendapatan dari para prajurit. Dengan melibatkan babinsa di setiap desa. Dan untuk peternakan sapi kita jlakan menggunakan dana KUR yang bekerjasama dengan PT.Palma dengan dana yang dianggarkan sebesar Rp 1 Milyar. Oleh sebab itu untuk kesuksesan kemitraan ini, kita harus saling mengawasi, melakukan kontrol sehingga program awal ini tidak gagal. Ini tidak lepas dari pengelolaan dan sumber daya manusia yang mana harus sama – sama kita gerakkan. Harapan saya juga terkait pupuk, yang telah saya contohkan di beberapa daerah seperti di Rohul salah satunya, dengan hasil yang sangat memuaskan. Kedepan kita akan melakukan penanaman disesuaikan dengan karakter tanahnya. Kita juga akan melibatkan PPL untuk memberi pembinaan kepada petani, melibatkan LPM, Ibu PKK. Kita akan berdayakan kelompok tani yang sudah ada dan membentuk yang baru. Dan semoga program ini dengan dukungan dari Pangdam IX/ Udayana dapat terealisasi dengan baik,” sebut T.Rusli Ahmad,SE,MM.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan mendengarkan kata sambutan dari Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto,SE,MM yang mengatakan,’ Yang saya hormati Kasdam, asisten dan jajaran Kodam IX/Udayana, Danrem dan sahabat saya T.Rusli Ahmad, yang telah banyak melakukan hal bermanfaat untuk masyarakat.”

“Pada hari ini kita melakukan sinergitas bersama DPP Santri Tani NU untuk mensukseskan ketahanan pangan di propinsi Bali, NTB dan NTT. Dompu merupakan lokasi yang tepat, sekaligus untuk menghilangkan deradikalisasi yang begitu besar disana. Karena banyak produsen terorisme di Bima dan Dompu dikarenakan faktor ekonomi. Oleh sebab itu kita harus meningkatkan taraf ekonomi masyarakat agar aliran sesat yang memanfaatkan kemiskinan. Dan diharapkan melalui kerjasama dengan Santri Tani untuk membantu dana usaha, bimbingan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.”sebut Pangdam IX/Udayana

Lanjutnya, Kegiatan yang kita lakukan hari ini selain untuk meningkatkan silaturahmi antara Santri tani dengan Kodam IX/Udayana dan melakukan kerjasama kemitraan dan saling bahu membahu dalam mensukseskan program ketahanan pangan Pemerintah, terutama dalam program pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Dan kita dapat ikut andil dalam pemulihan ekonomi Nasional melalui program pertanian dengan menitik beratkan pada ketahanan pangan skala Nasional. Menyikapi hal tersebut Kodam IX/Udayana siap bekerjasama serta mendukung penuh kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh DPP Santri Tani untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat petani khususnya di wilayah Bali-Nusra. Pada kegiatan saat ini kita dari Kodam IX/Udayana dan DPP Santri Tani juga akan memberikan santunan kepada anak yatim yang merupakan bentuk dari komitmen DPP Santri Tani bersama Kodam IX/Udayana dalam rangka berbagi di Bulan Suci Ramadhan serta untuk mengajarkan rasa peduli dan kasih sayang terhadap sesama.

Laporan Nofri Hendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NEWSTICKER