SHARE NOW

Momen Internasional Women’s Day Perempuan FSPMI Batam Lantang menyuarakan perjauangan Buruh.

BATAM | TVNYABURUH.COM – Dalam rangka memperingati Hari Perempuan sedunia yang dikenal dengan Internasional Women’sDay ,perempuan-perempuan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam menggelar aksi unjuk rasa yang kali ini aksi di pusatkan di Gedung DPRD Kota Batam.

Sejak pagi mulai jam 08:00 anggota FSPMI khusus nya dari kaum perempuan mulai berkumpul di Halte Panbil Batam sebagai titik kumpul peserta aksi ,sekitar jam 09:00 peserta aksi mulai bergerak ke tempat tujuan aksi yakni Gedung DPRD Kota Batam.

Tepat jam 10:00 aksi unjuk rasa dimulai digelar depan Gedung DPRD, Gusril salah satu Koordinator aksi membuka rangkaian aksi .Aksi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta dilanjut dengan lagu Mars FSPMI.

Dalam aksi kali ini dalam rangkaian memperingati Internasional Women’s Day tidak hanya orasi saja tetapi juga diisi dengan Puisi ,Pantun dan lain-lain yang diisi oleh perempuan-perempuan peserta Aksi .
Tidora Sumiati dari Biro perempuan DPW FSPMI Kepri menyampaikan beberapa tuntutan aksi maupun Petisi yang untuk diserahkan ke Anggota DPRD Kota Batam ,adapum petisi yang disampaikan diantara nya sebagai berikut :
1.Batalkan Omnibuslaw (Pasca Putusan MA )
2.Sahkan RUU PRT
3.Sahkan RUU TPKS ( Tindak Pidana Kekerasan Seksual )
4.Konvensi ILO 183 Tentang Maternitas.
5.Konvensi ILO 190Tentang Kekerasan Pelecehan Dalam Dunia Kerja.
6.Ruang Politik untuk Perempuan
7.Meminta Gubernur untuk segera melaksanakan putusan MA.
8.Batalkan Permenaker No 02/2022 tentang JHT.
9.Diskriminasi pekerja perempuan (Pembatasan umur ,kesempatan kerja ,tinggi badan ,larangan menikah dll).

Tidora Sumiati yang akrab dipanggil Bing Rara dalam orasi lebih menyoroti hal ” dalam momen istimewa ini di hari Perempuan sedunia kami kaum buruh perempuan ini sangat menyoroti tentang kekerasan pelecehan dalam dunia kerja ,diskriminasi pekerja yang paling banyak dialami oleh kami kaum perempuan ” ungkap Rara.
Rara juga menambahkan ” kami juga menuntut agar RUU PRT ,RUU TPKS segera disahkan serta dibuka seluas-luas nya ruang politik bagi perempuan ” tegas Rara.

Dalam aksi ini juga penyampain aspirasi kaum perempuan dengan Puisi yang disampaikan oleh Indah dari PUK Varta Micro Baterai ,Desima dari PUK Scheneider dan Suparni dari PUK TDK Elektronik Indonesia .
Yang puisi nya perempuan-perempuan tersebut sangat menyentuh dan rasa ungkapan susana hati mereka dalam bekerja sebagai buruh perempuan .

Tepat jam 12:00 Aksi unjuk rasa dalam rangka hari perempuan ditutup setelah perwakilan dari kaum perempuan diterima oleh Anggota DPRD Kota Batam yang sekalgus menyerahkan petisi mereka Perempuan FSPMI.

Laporan: zk. Alizar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NEWSTICKER