SHARE NOW

KASBI Tidak Ikut May Day Fiesta Hari Ini, Pilih Aksi Tanggal Soeharto Lengser

JAKARTA | TVNYABURUH — Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) absen dalam May Day Fiesta yang diikuti empat konfederasi buruh di Gelora Bung Karno (GBK) besok, Sabtu (14/5).
Sekjen KASBI Sunarno mengungkapkan alasan pihaknya tidak bergabung dalam aksi tersebut karena KASBI bukan bagian dari Partai Buruh.

“KASBI kan memang enggak ikut Partai Buruh. Partai Buruh yang ada tersebut hanyalah representasi serikat buruh era Orba yang cenderung kompromis dengan parpol-parpol borjuasi yang ada, dengan pengusaha dan juga pemerintah,” ujar Sunarno yang dilansir dari CNNIndonesia.com melalui pesan tertulis, Jumat (13/5).

Sunarno menyatakan KASBI akan tetap berdiri sebagai serikat buruh yang independen. KASBI baru akan menggelar aksi pada 21 Mei mendatang atau bertepatan dengan berakhirnya kekuasaan Soeharto dan Orde Baru.

WW2

“KASBI akan tetap berdiri sebagai serikat buruh yang independen. Rencananya akan aksi massa May Day tanggal 21 Mei sekaligus bertepatan dengan aksi momentum tumbangnya rezim Orba,” kata Sunarno.

Diketahui, berbagai serikat buruh dan Partai Buruh akan menggelar May Day Fiesta pada Sabtu (14/5).

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan akan ada dua rencana kegiatan. Pertama, buruh akan melakukan aksi demonstrasi di DPR. Setelah itu, massa akan merayakan May Day Fiesta di GBK. Rencananya acara digelar pada pukul 12.30 WIB sampai 17.30 WIB.

“May Day Fiesta akan diselenggarakan di GBK. Bukan Istora atau JIS,” kata Said.

Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menyampaikan setidaknya ada empat konfederasi buruh yang akan terlibat dalam aksi May Day Fiesta.

Yakni KSPSI, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Diperkirakan 65 ribu buruh akan memadati GBK dalam agenda tersebut.

“Kami minta maaf kepada warga Jakarta karena akan ada sekitar 1.900 bus masuk Jakarta tanggal 14 Mei. Kami minta maaf karena ini kegiatan satu tahun sekali. Kami pastikan aksi tersebut adalah aksi damai,” ucap Andi.

#tim/red

One thought on “KASBI Tidak Ikut May Day Fiesta Hari Ini, Pilih Aksi Tanggal Soeharto Lengser

  1. terima kasih kepada TV NYA BURUH telah memperkenalkan KASBI kepada masyarakat luas,dan KASBI tetap konsisten di garis perjuangan yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NEWSTICKER