SHARE NOW

Diduga Palsukan Data, Lahir 1973 di Ubah Menjadi Lahir 1979 Demi Kursi Kadus

Deli Serdang | Tvnyaburuh.com – Terkait adanya dugaan pemalsuan data kelahir yang di lakukan oleh inisial MR pada saat mencalonkan diri sebagai Kepala dusun VII desa Nogo Rejo kecamatan Galang kabupaten Deli Serdang tahun 2016 mulai terkuak kepermukaan.

Pasal nya, Berdasarkan data yang ada pada awak media dalam kartu keluarga (KK) MR lahir pada 05-05-1979 di Desa Nogo Rejo dan MR anak pertama dari empat saudara.

Kemudian GN Anak kedua(2) lahir tanggal 05-05-1975 di desa Nogo Rejo,ER anak ketiga (3) lahir tanggal 03-05-1977 di Desa Nogo Rejo, sedangkan NH anak keempat (4) lahir tanggal 08-04-1979 di Nogo Rejo.

Cukup jelas dugaan pemalsuan data yang di lakukan oleh MR, bagai mana mungkin anak pertama lebih muda dari anak ke 4.

Saat di konfirmasi awak media Kepala desa Noga Rejo Suyono di ruang kerjanya Minggu lalu mengenai tanggal dan tahun kelahiran MR mengatakan, memang benar itu tanggal dan tahunnya karna sesuai yang di KK dan KTP nya dan kalau itu ada yang salah berarti itu dari dinas Capil yang salah ketik, ujarnya seolah mencari pembenaran diri.

Saat di cecar pertanyaan dari mana pak kades bisa membenarkan MR lahir di tahun 1979 padahal dia anak pertama, masak ketiga adiknya lebih tua dari MR ada apa ini pak kades apa ada kepentingan? dengan gugup Suyono menjawab “tidak ada kepentingan pak,Buk” lantas Suyono memanggil MR untuk masuk keruang kerjanya,

Selang beberapa menit masuk lah MR ke ruangan dengan membawa KK dan KTP pada saat di Konfirmasi tentang dugaan pemalsuan data autentik, dengan lantang MR menjawab” tanggal dan tahun lahir saya 05-05-1979 memang benar ini sesuai dengan nik saya jadi di mana salahnya” ujar MR dengan nada keras.

Namun, ketika awak media memperlihatkan data ketiga adik nya lebih tua dari dirinya, dengan wajah pucat dan tangan gemetar MR menundukkan kepala lalu permisi keluar.

Setelah MR keluar Ruangan, kemudian kades Suyono mengikuti dari belakang, selang beberapat menit memudian kades Suyono kembali menenuai awak media semabari mengatakan bahwa, yang salah di KTP dan KK MR, aslinya dia lahir tahun 1973.

” Yang salah di KTP dan KK, sebenarnya MR lahir tanun 1973″ imbuh kades.

Dugaan tersebut di perkuat lagi Dengan UU.No.6.tahun 2014 tentang desa bahwa calon kepala dusun batas usia minimal 20 tahun dan maksimal 42 tahun.dan pendidikan minimal SMA/sederajat, pada saat mencalonkan diri sebagai Kadus tahun 2016 sesui ucapan Kades MR lahir tahun 1973 maka saat itu usia nya 43 tahun, sehingga upaya agar dapat mencalonkan sebagai Kadus MR berupaya memalsukan data kelahirannya di buat lahir tahun 1979.

Untuk itu patut diduga Kades Naga Rejo mengetahui ada dugaan manipulasi data untuk syarat pencalonan MR sebagai Kepala Dusun VII Desa Naga Rejo.

Kemudian, Untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang baik, harus transparan dan profesional dengan berorientasi pada pelaksanaan program pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat sesuai amanat peraturan perundang-undangan dengan rujukan:
UU.No.14.tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (K.I.P)
UU.No.28.tahun 1999 tentang penyelenggara Negara yang bersih yang bebas dari korupsi,kolusi dan nepotisme, untuk itu pihak penegak hukum dapat melakukan penindakan tegas kepada yang bersangkutan agar hukum dapat ditegakkan dengan Benar.

#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NEWSTICKER